Wujudkan Data Pemilih Valid, KPU Sampang Gelar Sosialisasi DPSHP Akhir

Avatar of PortalMadura.Com
Wujudkan Data Pemilih Valid, KPU Sampang Gelar Sosialisasi DPSHP Akhir
KPU Sampang Gelar Sosialisasi DPSHP Selasa (7/8/2018)

PortalMadura.Com, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar sosialisasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan () Akhir pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Selasa (7/8/2018), acara sosialisasi itu berlangsung khidmat di Aula Hotel Camplong, Sampang. Dengan dihadiri oleh semua stakholder, Organisasi Masyarakat (Ormas), pemilih pemula, pengurus Partai Politik (Parpol), Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sampang.

Komisioner , Divisi Perencanaan dan Data, Addy Imansyah, melakukan sosialisasi penyusunan DPSHP akhir sesuai dasar hukum Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Selain itu, Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019.

Serta peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2018 penyusunan daftar pemilih di dalam negeri dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Addy menyampaikan, jumlah penduduk yang memiliki hak suara pada mengalami peningkatan daripada data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

“Jumlah Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan akhir mencapai 822.759. Jumlah pemilih ini yang tersebar di 14 kecamatan,” katanya.

Jumlah dari DPSHP diakui tergolong dinamis. Artinya dapat dipastikan ada penambahan dan pengurangan data pemilih. Mengingat pemilih ada yang meninggal dunia serta adanya penambahan pemilih baru.

“Hasil DPSHP ini, tetap dilakukan pencermatan secara berkala, karena kegiatan ini masuk dalam penyusunan data pemilih 2019,” ujarnya.

Pihaknya mengajak semua elemen masyarakat, organisasi kepemudaan, 16 partai politik selaku peserta Pemilu, pengawas, termasuk pemerintah daerah bersama-sama melakukan proses tahapan pendataan pemilih.

“Kami sangat berharap kepada masyarakat berperan aktif pada proses penyusunan data daftar pemilih. Tanpa terkecuali peserta Pemilu, yaitu 16 partai politik yang berkepentingan dalam proses hak pilihan,” katanya.

Ia juga berharap pelaksanaan Pemilu 2019 terwujud baik. (Rafi/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.