Yuk Bunda, Intip 5 Panduan Sebelum Anak Belajar Bahasa Asing

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk Bunda, Intip 5 Panduan Sebelum Anak Belajar Bahasa Asing
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini, banyak orangtua sangat berambisi untuk memberikan pendidikan bahasa inggris kepada si buah hati. Hal ini, agar ketika mulai masuk sekolah anak sudah lancar berbahasa Inggris, dan siap menghadapi persaingan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, jika Anda ingin membiasakan anak-anak untuk berbicara bahasa Inggris, Anda harus memberikan pendidikan bahasa Inggris sedini mungkin. Namun, Anda sebagai orang tua harus mempertimbangkannya terlebih dahulu sebelum anak mempelajari bahasa asing sejak dini.

Berikut lima hal yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin anak mempelajari bahasa asing sejak dini:

Karakteristik Anak
Seperti apakah buah hati Anda? Apakah ia mudah belajar dan bergaul? Jika ya, anak bisa lebih mudah menyesuaikan diri dengan dua bahasa ini.

Akan tetapi jika tidak, tunda dulu niat Anda. Anak bisa merasa terbebani karena harus mempelajari satu bahasa tambahan. Anak yang “belum matang” juga dapat mengalami kesulitan mencocokkan bahasa sesuai waktu dan tempat.

Lingkungan
Apakah mayoritas masyarakat lingkungan sekitar Anda memang menggunakan bahasa asing? Jika tidak, jangan sampai anak Anda jadi terasing karena bahasa utamanya tidak sama dengan bahasa pergaulan.

Sekolah
Cari tahu seperti apakah kurikulum yang berlaku di sekolah dalam kaitannya dengan pengajaran bahasa asing. Apakah struktur tata bahasanya benar? Apakah kosa katanya beragam? Anda harus aktif mencari informasi dan membandingkan apa yang ditawarkan suatu institusi pendidikan dengan institusi lainnya.

Kemampuan Bahasa Diri Sendiri
Jika ingin anak Anda lancar berkomunikasi dengan bahasa asing, sebaiknya Anda juga memiliki kemampuan di atas rata-rata. Karena, Anda adalah salah satu orang yang akan paling sering ia ajak bicara.

Jangan sampai Anda menganggap sepele hal ini, sehingga menjerumuskan anak dalam kesalahan bahasa akibat ketidakmahiran Anda. Bahasa adalah salah satu pembentuk kemampuan berpikir anak.

Ekspos Bahasa Indonesia
Walaupun anak Anda menguasai satu atau lebih bahasa asing, anak Anda harus tetap bisa berbahasa Indonesia, terutama jika tinggal di Indonesia. Pastikan bahwa anak tetap bersentuhan dengan bahasa ini, entah lewat buku, lagu, tontonan, atau obrolan sederhana. (kompas.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.