Yuk Intip, 5 Bahan Alami untuk Kecilkan Pori

Avatar of PortalMadura.com
Yuk Intip, 5 Bahan Alami untuk Kecilkan Pori
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kemunculan pori-pori di wajah sebenarnya bukan masalah yang sangat serius, namun juga jangan dianggap sepele ya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pori-pori wajah memebesar, mulai dari genetik, produksi minyak berlebih, hingga terlalu sering terpapar sinar matahari. Pori-pori di wajah ini sering kali dianggap mengganggu penampilan.

Karena itu, tak sedikit wanita yang rela melakukan berbagai cara untuk menyembunyikan masalah tersebut. Mulai dari menggunakan makeup, hingga melakukan berbagai perawatan kulit di klinik kecantikan. Namun, dari pada mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk mengecilkan pori, Anda bisa menggunakan beberapa ini di rumah.

Es Batu
Selain digunakan sebagai pelengkap sajian untuk minuman segar ataupun dessert favorit, es batu juga bisa dijadikan pilihan untuk merawat kulit wajah. Suhu es batu yang dingin mampu membuat pori-pori pada kulit lebih rileks sekaligus mencegah pori-pori mengalami pembengkakan akibat suhu sekitar yang panas dan lembap.

Untuk mengecilkan tampilan pori-pori dengan es batu, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, memijat bagian wajah dengan es batu yang dibungkus dengan kain bersih selama 15-25 menit. Kedua, dengan merendam wajah menggunakan air yang telah dicampur dengan es batu dalam sebuah wadah.

Lakukan langkah ini selama 10-30 detik setelah mencuci wajah. Jika kulit wajah menjadi memerah setelahnya, jangan panik dulu, karena ini merupakan efek sesaat yang menandakan peredaran darah di area tersebut akan menjadi lebih lancar.

Madu
Tidak hanya bermanfaat untuk menghaluskan kulit, madu rupanya bisa juga membantu mengecilkan pori-pori wajah. Berbagai kandungan nutrisi penting pada madu dapat membantu membersihkan bakteri yang menyumbat pori-pori sekaligus mengembalikan ukurannya ke bentuk semula. Anda bisa menuangkan madu secukupnya pada mangkok kecil, kemudian mengaplikasikannya ke seluruh wajah secara merata. Diamkan beberapa saat hingga mengering, lalu bilas dengan air sampai bersih.

Putih Telur dan Lemon
Putih telur dipercaya dapat mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori wajah karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Di samping itu, lemon mengandung juga vitamin C dan anti-oksidan tinggi yang sangat baik untuk kulit.

Untuk mengecilkan pori-pori dengan dua bahan ini, Anda hanya perlu mengkocok dua butir putih telur dengan sedikit perasan air lemon. Setelah tercampur, oleskan pada wajah dan tunggu hingga kering sebelum dibilas dengan air dingin. Selain dapat mencerahkan. perasan lemon juga dapat meminimalisir bau amis dari putih telur.

Tomat
Siapa sangka jika buah tomat yang kaya akan vitamin C dan asam amino ternyata berperan ampuh untuk mengecilkan pori-pori? Anda bisa mencoba membuat masker wajah dari buah tomat. Setelah membersihkan wajah, tumbuk dua buah tomat yang sudah matang dan masih segar sampai halus, kemudian aplikasikan ke seluruh area wajah hingga merata.

Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelahnya, bersihkan masker tomat di wajah dengan menggunakan air dingin sampai bersih. Jika tidak ingin menggunakan tomat sebagai masker, Anda juga bisa meletakkan irisan tipis tomat ke seluruh permukaan wajah.

Clay Mask
Terdapat beberapa jenis clay yang cukup dikenal saat ini, seperti green clay, fuller’s earth, bentonite clay, dan juga white clay. Fuller’s earth dianggap paling efektif dalam merawat pori-pori karena dapat menarik keluar kotoran dan minyak secara lebih maksimal.

Namun, untuk mengecilkan pori-pori, akan lebih efektif jika bahan alami ini ditambahkan dengan air mawar. Campur kedua bahan tersebut hingga teksturnya menyerupai pasta, kemudian oleskan ke seluruh area wajah, kecuali kulit sekitar bibir dan mata. Jika sudah mengering, bilas dengan air dingin, kemudian lanjutkan dengan memakai pelembap.

Itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda coba di rumah untuk mengecilkan pori. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Nanik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.