Yuk Intip Cara Bikin Sabun Cuci Wajah Sendiri dengan Bahan Alami

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk Intip Cara Bikin Sabun Cuci Wajah Sendiri dengan Bahan Alami
ilustrasi

PortalMadura.Com sangatlah penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan wajah. Mencuci wajah juga merupakan langkah awal sebelum pengaplikasian makeuap dan menjadi akhir setelah penggunaan makeup seharian dalam menjalankan aktifitas.

Saat ini banyak kita temukan sabun cuci wajah dengan berbagai merek dan fungsi bagi wajah di pasaran. Namun, untuk mendapatkan kualitas yang baik tentu tidaklah murah, belum lagi efek samping dari penggunaan sabun cuci wajah kemasan yang dikenakan.

Nah agar terhindar itu semua, Anda bisa membuat sabun cuci wajah sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini dapat menghindari Anda dari iritasi akibat kandungan senyawa kimia dalam pencuci wajah kemasan.

Penasaran seperti apa cara bikinnya ? Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mencuci wajah setiap hari di rumah.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit. Selain itu, bahan alami ini juga dapat membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terkumulasi pada wajah.

Aplikasikan minyak kelapa pada wajah dengan gerakan melingkar lakukan selama 30 detik. Kemudian bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat. Perawatan ini juga dapat menjaga kebersihan pori-pori wajah Anda yang secara perlahan akan semakin mengecil.

Lemon dan Madu
Lemon mengandung asam yang membantu membersihkan kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit yang baru. Sementara madu baik untuk kelembapan kulit dan membantu menghidrasi kulit dari dalam. Kombinasi bahan alami ini sangat baik untuk membersihkan kulit Anda.

Cara penggunaannya sangat mudah, campurkan dua sendok makan lemon dan madu. Aplikasikan pada wajah tipis kemudian pijat dengan gerakan melingkar. Proses ini untuk memberikan aliran darah pada wajah dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori wajah. Kemudian tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Susu dan Madu
Bila Anda memiliki kulit yang sensitif, dua bahan alami susu dan madu ini bisa Anda jadikan pilihan untuk membersihkan wajah di rumah. Mencuci wajah dengan susu dan madu juga dapat mencerahkan kulit jika dilakukan secara rutin.

Ambil satu sendok madu dan campurkan dengan dua sendok susu cair. Aplikasikan pada wajah dan pijat dengan gerakan melingkar selama 2-3 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air hangat. Lakukan cuci wajah dengan susu dan madu ini dua kali dalam sehari untuk hasil yang maksimal.

Bagaimana, caranya mudah bukan ? Membuat sabun sendiri dengan menggunakan bahan alami tidak hanya membuat Anda terhindar dari iritasi yang disebabkan oleh senyawa kimia, tetapi juga dapat menghemat keuangan Anda. Semoga Bermanfaat. (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.