oleh

Yuk Ladies, Kenali 4 Penyebab Hadirnya Bau Badan Ketika Puasa

PortalMadura.Com – Selain wajah berjerawat, salah satu masalah kulit yang juga berpengaruh terhadap penampilan, yaitu bau badan. Masalah ini tentu bisa mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Pasalnya, hal ini bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman saat berada di sekitar Anda, terutama saat menjalankan puasa Ramadan seperti sekarang ini.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Untuk itu, saatnya mencegah bau tidak sedap pada tubuh yang mengganggu ibadah orang lain. Parahnya lagi, bisa membuat Anda tidak percaya diri saat dekat dengan orang lain. Namun sebelum itu, Anda perlu mengenali penyebab bau badan selama puasa.

Berikut empat penyebab datangnya bau badan saat puasa:

Pertumbuhan Bakteri pada Tubuh
Ada dua faktor utama yang menyebabkan munculnya bau tidak sedap pada tubuh, yaitu keringat dan bakteri. Keringat yang muncul pada tubuh manusia sebenarnya tidak menimbulkan bau apapun.

Masalah muncul saat butiran keringat ini terkontaminasi oleh pertumbuhan bakteri yang memproduksi semacam komponen yang menimbulkan bau tidak sedap selama puasa.

Menu Diet Selama Puasa
Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama puasa ternyata memiliki pengaruh pada bau tidak sedap di tubuh. Beberapa jenis makanan yang memiliki aroma menyengat, seperti bawang merah dan bawang putih memiliki komponen yang bisa bersirkulasi di aliran darah dan memicu bau badan.

Tidak hanya itu saja, ternyata beberapa jenis sayuran, seperti brokoli dan brussel sprouts juga memiliki komponen penyebab bau badan jika dikonsumsi berlebihan. Jadi, teliti memilih menu sahur dan berbuka sangat penting untuk menjaga tubuh tidak mengeluarkan aroma tidak sedap.

Konsumsi Obat-obatan
Beberapa jenis obat dapat menimbulkan produksi keringat meningkat. Selain itu, zat yang terkandung di dalamnya juga bisa memicu masalah bau tidak sedap yang mengganggu penampilan. Jika mengonsumsi jenis obat tertentu seperti aspirin selama puasa, bisa jadi hal tersebut akan memicu bau badan.

Jarang Membersihkan Diri
Malas mandi dan membersihkan diri adalah salah satu penyebab masalah bau tidak sedap pada tubuh. Keringat dan bakteri yang menempel di tubuh dalam waktu yang lama tidak hanya memicu bau tidak sedap saja, tapi juga dapat menyebabkan rasa gatal di permukaan kulit.

Biasakan mandi dua kali sehari secara rutin untuk membersihkan kotoran dan bakteri yang menempel di tubuh. Agar penampilan tetap fresh, gunakan juga produk deodorant terbaik yang mampu mengontrol produksi keringat dan menyamarkan bau tidak sedap dari tubuh. (merdeka.com/Salimah)

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar