Yuk, Rajin Naik Tangga! Rasakan Khasiatnya Bagi Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.com
Yuk, Rajin Naik Tangga! Rasakan Khasiatnya Bagi Tubuh Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan tidak harus selalu dengan cara yang sulit dan mengeluarkan banyak biaya. Sebab, dengan melakukan kegiatan ringan sehari-hari seperti di rumah maupun di kantor ditengarai juga berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.

Hal ini sebagaimana menurut sebuah penelitian baru-baru ini, bahwa naik tangga merupakan salah satu bentuk aerobik yang tidak hanya membangun kekuatan kaki tapi juga mengurangi masalah tekanan darah tinggi, terutama pada wanita yang lebih tua.

Bahkan, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Menopause ini menunjukkan, selain menurunkan tekanan darah tinggi dan kekakuan pembuluh darah yang disebabkan oleh hilangnya elastisitas otot-otot arteri, menaiki tangga juga bisa mengurangi risiko osteoporosis.

“Studi ini menunjukkan bahwa intervensi gaya hidup sederhana seperti menaiki tangga efektif mencegah atau mengurangi efek negatif dari menopause dan pada sistem vaskular dan otot kaki wanita pasca menopause dengan hipertensi,” kata Direktur Eksekutif Amerika Utara Menopausal Society di Cleveland, AS, JoAnn Pinkerton.

Untuk keperluan penelitian ini, para peneliti mensurvei wanita pasca menopause. Kemudian peserta dilatih selama empat hari dalam seminggu dan diminta menaiki 192 anak tangga dua sampai lima kali sehari.

Hasilnya sungguh menakjubkan, penelitian ini menunjukkan bahwa menaiki tangga membantu menurunkan kekakuan arteri dan tekanan darah tinggi, serta dapat meningkatan kekuatan kaki pada wanita dengan hipertensi pasca menopause stadium 2. (detik.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.