Yuk Umat Muslim, Ikuti 9 Pola Makan Rasulullah Agar Tubuh Anda Tetap Sehat dan Bugar

Avatar of PortalMadura.com
Yuk Umat Muslim, Ikuti 9 Pola Makan Rasulullah Agar Tubuh Anda Tetap Sehat dan Bugar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu hal yang harus dilakukan setiap orang adalah menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Hal ini perlu dilakukan agar bisa beraktivitas dengan baik dan beribadah dengan maksimal.

Oleh karena itu, agar Anda semakin sehat dan bugar. Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui dan meniru pola makan sehat ala Rasulullah. Lantas, apa saja metode pola makan sehat tersebut?.

Berikut sembilan yang patut Anda tiru:

Konsumsi Banyak Air Mineral
Minumlah air mineral langsung setelah bangun tidur di pagi hari, dan sebelum makan apapun. Rasulullah mengamalkan untuk minum air mineral sejuk (bukan air es) setiap pagi.

Sarapan
Setelah waktu subuh, Rasulullah membuka menu sarapannya dengan segelas air mineral yang dicampur dengan 1 sendok makan madu untuk membersihkan air liur dan sistem pencernaan seperti lambung dan usus agar terhindar dari berbagai penyakit.

Kurma
Memasuki waktu Dhuha, Rasulullah diketahui selalu memakan 7 butir buah kurma matang.

Cuka dan Minyak Zaitun
Menjelang sore hari, menu Rasulullah selanjutnya adalah cuka dan minyak zaitun yang dikonsumsi bersamaan dengan roti. Di mana makanan ini bermanfaat untuk mencegah lemah tulang, pikun, melancarkan sembelit, melancarkan pencernaan, mencegah kanker, hingga menghancurkan kolesterol.

Sayuran
Di malam hari menu utama dari Rasulullah adalah sayur-sayuran, yang berfungsi untuk memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Buah
Dalam mengonsumsi buah, Rasulullah menyarankan untuk tidak memakan buah setelah menyantap nasi. Namun sebaliknya, makanlah buah terlebih dahulu baru mengonsumsi nasi.

Tidak Absen Makan Malam
Islam dan Rasulullah mengajarkan untuk tidak meninggalkan makan malam. Akan tetapi, makan malam lah dengan menu yang sehat dan di waktu yang tepat yakni setidaknya 2-3 sebelum jam tidur.

Konsumsi Labu
Diketahui bahwa salah satu makanan favorit Rasulullah adalah buah yaqthin atau labu manis, yang terbukti dapat mencegah penyakit gula alias diabetes.

Tidak Mencampur Makanan Darat dengan Makanan Laut
Alquran melarang Anda untuk mengonsumsi makanan darat yang dicampur dengan makanan laut. Rasulullah mencegah Anda untuk makan ikan bersama dengan susu, karena makanan darat mengandung ion positif sedangkan makanan laut mengandung ion negatif. Artinya, jika dicampurkan maka akan terjadi reaksi biokimia yang bisa merusak usus. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.