Zikir dengan Suara Keras, Bolehkah?

Avatar of PortalMadura.com
Zikir dengan Suara Keras, Bolehkah
Ilustrasi (old.solopos.com)

PortalMadura.Com adalah ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya kepada umat Muslim. Biasanya banyak orang melaksanakannya setelah salat. Tapi sebenarnya, zikir ini bisa dilaksanakan di manapun dan kapanpun atau setiap saat.

Dalam dunia pesantren zikir bagian daripada senjata yang berpengaruh terhadap proses dalam pendidikan itu sendiri, sehingga sejauh mana bisa bermanfaat dan berpengaruh bagi orang, di situ zikir ikut berperan di dalamnya.

Rasulullah mengajarkan kepada para sahabat, sahabat kepada para Tabiin sampai zikir tersebut sampai kepada kita lewat ajaran ulama dipesantren atau majelis Ta'lim.

Baca Juga : Bacalah Zikir Ini Setiap Pagi, Insya Allah Segala Urusan Anda akan Dimudahkan

Zikir memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dapat membuat hati menjadi tenang. Karena itulah maka zikir mesti kerap dilakukan dan diistiqamahkan, agar hati senantiasa tenang dan mengingat Allah. Lalu apakah berzikir boleh dengan suara jahr (nyaring/keras)?.

Para ulama bersepakat bahwa zikir setelah selesai salat itu sangat dianjurkan. Bahkan, Rasulullah pernah mengatakan bahwa doa yang paling didengar Allah itu di antaranya adalah pada waktu tengah malam dan setelah selesai salat lima waktu. Di sini Anda baru paham kenapa setelah selesai salat para ulama menganjurkan supaya jangan bubar terlebih dahulu, karena di waktu itu Anda diharuskan berkonsentrasi berzikir dan meminta kepada Allah.

Baca Juga : 5 Fadilah Zikir yang Wajib Diketahui Umat Islam

Lalu apakah boleh zikir dilakukan dengan suara nyaring/keras?. Bukankah Allah SWT itu maha mendengar. Salah satu Ahli tafsir masa Sahabat yaitu Ibnu Abbas RA, pernah menjadi saksi bahwa bagian kebiasaan zikir dengan nyaring setelah salat itu pernah terjadi pada masa Rasulullah SAW. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.