PortalMadura.com

Bahasa Arab Ditetapkan Sebagai Bahasa Internasional

  • Jumat, 18 Desember 2015 | 11:36
Bahasa Arab Ditetapkan Sebagai Bahasa Internasional
Ist.net

PortalMadura.Com, Pamekasan – Bahasa Arab resmi terdaftar menjadi bahasa internasional dan diakui oleh UNESCO sejak, Jumat (18/12/2015). Sehingga, tanggal 18 Desember ditetapkan sebagai hari bahasa arab sedunia.

Dosen bahasa Arab STAIN Pamekasan, Achmad Muhlis menceritakan, penetapan itu awalnya merupakan inisiatif Maroko dan Arab Saudi. Kedua negara ini adalah anggota UNESCO yang punya keinginan kuat untuk menjadikan Bahasa Arab sebagai bahasa resmi dunia Intetnasional.

“Diakui atau tidak bahasa arab memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan dan perubahan peradaban dunia. Makanya, bahasa arab jangan hanya diidentikkan dengan bahasa kampungan, sarungan, wong deso dan lain-lain,” katanya.

Menurutnya, banyak para pemikir dunia memiliki kemampuan bahasa arab yg bagus, bahkan orang-orang orientalia mau mempelajari bahasa arab hanya untuk mencari kelemahannya yang bertujuan memojokkan al-qur’an.

Advertisement
Iklan Murah

“Ini menunjukkan bahwa bahasa arab sangat seksi dan menarik untuk dipelajari, dipahami dan dimengerti. Bukan islam saja yang tertarik belajar bahasa arab, tapi non muslimpun banyak yang tertarik untuk mempelajarinya salah satunya adalah universitas terkemuka di China,” jelasnya.

Di perguruan tinggi tersebut, lanjut dia, ada jurusan khusus bahasa arab dengan jumlah mahasiswa yang tidak sedikit. Lebih mengejutkan lagi, mahasiswa jurusan tersebut sangat lancar atau fasih dalam menggunakan bahasa Arab, baik lisan ataupun tulisan.

“Ini membuktikan bahwa bahasa arab bukan hanya sekedar bahasa ahli surga sebagaimana banyak dipromosikannya. Tapi bahasa arab itu adalah bahasa yg mampu merubah peradaban dan budaya dunia,” tutup pria yang juga menjabat sebagai pembantu Ketua II STAIN Pamekasan tersebut. (Marzukiy/choir)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional