Berkat Pendampingan Koramil Kota, Hasil Panen Padi Meningkat

Avatar of PortalMadura.Com
Berkat Pendampingan Koramil Kota, Hasil Panen Padi Meningkat
Ist. Danramil Kota Bangkalan

PortalMadura.Com, – Komandan Koramil (Danramil) 01/Kota Kodim 0829/Bangkalan, Kapten Inf Mohamad Hariyanto beserta anggotanya melaksanakan pendampingan terhadap petani padi di Kelurahan Melajeh Kecamatan Kota Bangkalan Madura, Jawa Timur.

Berkat pendampingan itu, hasil panen dengan sistim tanam acak, menghasilkan 10 ton per hektare. Ini lebih meningkat dari hasil panen raya yang dilaksanakan sebelumnya.

Danramil didampingi Gapoktan bersama masyarakat  telah memanen padi jenis IR 64 di area sawah Kelompok Tani (Poktan) ‘Mina Lestari', di RT 2 RW 2 Bungsang Desa Melajeh, Bangkalan, Sabtu (22/8/2015).

“Kami sebagai aparat teritorial mengajak para warga agar lebih bersemangat dalam mengolah lahan dan mengatur pengairan dan irigasi dengan tepat, sehingga kebutuhan air tercukupi untuk tanaman padi, mengingat saat ini cuaca sedang kurang bersahabat, dan efek dari cuaca el nino,” katanya.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program pemerintah dalam swasembada pangan. Selain pendampingan pertanian juga sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat melalui bidang pertanian.

Sementara, Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, menyampaikan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergisitas pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Bangkalan yang bekerjasama dengan Kodim 0829/Bangkalan dalam rangka mendukung swasembada pangan nasional.

“Kami juga siap membantu petani mulai dari perbaikan irigasi, pengadaan bibit, proses tanam dan panen hingga pemasaran tentunya bersama-sama Tim Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Bangkalan,” tandasnya.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.