Dosen di Lampung Diduga Jiplak Tulisan M Mushthafa Guluk-Guluk Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Dosen di Lampung Diduga Jiplak Tulisan M Mushthafa Guluk-Guluk Sumenep
screenshot

PortalMadura.Com, – Tulisan berjudul ‘Televisi dan Refleksi Religiusitas Puasa' karya M Mushthafa, Sabajarin, Guluk-Guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur diduga dijiplak oleh seorang .

“Pagi ini, saya kembali menemukan tulisan saya di blog disalin-tempel dan disiarkan di sebuah media lokal bernama Musibanyuasin Post edisi 4 Juli 2014. Tulisan saya itu ditulis pada bulan September 2007 dan saya poskan di blog pribadi saya,” tulis M Mushthafa pada blog pribadinya, rindupulang.blogspot.co.id, Senin (20/6/2016).

Media Musibanyuasin Post menerbitkan tulisan tersebut pada kolom opini halaman 2 dengan judul ‘Religiusitas Puasa VS Ideologi Televisi' dan tertera Penulis Darmadi, Pegawai Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Tengah, Dosen STKIP Kumala Lampung, Kandidat Doktor Ilmu Manajemen.

“Judulnya memang tidak persis dengan tulisan saya, tapi coba baca isinya.Ternyata dari awal hingga akhir isinya ya hasil salin-tempel dari tulisan saya-bukan hasil berpikir dan mengolah gagasan sendiri. Cukup mainkan tetikus (mouse), tekan Control-C, lalu Control-V. Beres!,” ujarnya.

Putra salah satu pengasuh Pondok Pesantren An Nuqayah Guluk-Guluk, Sumenep ini merasa sedih dengan dunia keilmuan dan dunia akademik yang masih belepotan.

Pengalaman pahitnya itu, ternyata tidak hanya sekali ini. Bahkan, pada tahun 2014 juga menemukan tulisannya dimuat di Koran Tempo edisi 4 Januari 2004. “Tulisan saya disalin-tempel-dengan perubahan minor-dalam buku berjudul Psikologi Tasawuf karangan Drs. Tamami HAG. M.Ag. terbitan Pustaka Setia, Bandung (2011) tanpa menyebutkan nama saya,” ucapnya.

Menurutnya, mental masyarakat yang katanya termasuk golongan terdidik ternyata masih memprihatinkan. “Apa yang bisa kita lakukan untuk mencari jalan keluar atas masalah seperti ini? Demikian juga, apa yang sudah kita lakukan untuk mencari jalan keluar atas masalah seperti ini sesuai dengan posisi kita masing-masing?,” pungkasnya.(Hartono)

PLAGIAT - Musibanyuasin Post 4 Juli 2014 - bandingkan
PLAGIAT – Musibanyuasin Post 4 Juli 2014 – bandingkan

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.