Koperasi Maju, Masa Depan Sumenep Akan Lebih Baik

Avatar of PortalMadura.Com
Koperasi Maju, Masa Depan Sumenep Akan Lebih Baik
Koperasi Berprestasi

PortalMadura.Com, – Koperasi dan UKM merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan daerah. Sejarah mencatat, ketika krisis melanda Indonesia beberapa tahun silam, hanya koperasi dan UKM yang tetap tegar dan menjadi penopang ekonomi naisonal.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Sumenep A Busyro Karim dalam sambutan kegiatan “Pembinaan Koperasi Berprestasi dan Pasar Rakyat Tahun 2015” di GNI setempat, Selasa (15/9/2015).

Menurutnya, koperasi tetap teguh di tengah badai krisis ekonomi yang menimpa. Dan di masa mendatang, peran koperasi akan semakin besar seiring dengan berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN.

“Oleh karena itu, satukan tekat untuk terus memajukan koperasi. Jika koperasi maju, masa depan Sumenep akan lebih baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, koperasi di Sumenep harus tumbuh besar, karena kunci perekonomian di Sumenep adalah koperasi, tetapi semua itu membutuhkan konsistensi dan kometmen pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat.

Selama ini, koperasi telah mampu menjadi pendorong percepatan gerak ekonomi kerakyatan, mengentas kemiskinan, mengurangi pengangguran dan memperluas lapangan kerja.

“Pemerintah daerah juga telah menstimulus koperasi dengan bantuan anggaran yang memadai,” terangnya.

Pada tahun 2011, bantuan anggaran untuk koperasi dan UKM sebesar Rp3,4 miliar, dan tahun 2015 meningkat menjadi Rp 13,4 miliar. Total bantuan anggaran untuk koperasi dan UKM selama 5 tahun telah mencapai Rp 43,8 miliar.

Secara kuantitas, jumlah koperasi terus meningkat. Pada tahun 2010 masih berjumlah 782 unit, maka pada tahun 2015 telah meningkat menjadi 1.255 unit.

Bahkan, anggota koperasi meningkat lebih dari 100 persen, dari 70 ribu anggota tahun 2010 menjadi 165.230 anggota pada tahun 2015.

Sejak tahun 2012, Sumenep telah meraih 14 penghargaan koperasi bergensi, baik berskala provinsi maupun nasional.

“Harapan saya, agar terus memacu prestasi dan penguatan kelembagaan koperasi dan tidak hanya fokus pada simpan-pinjam, melainkan harus inovatif dan terus berkreasi,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Sumenep, Imam Trisnohadi menambahkan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan peran dan fungsi koperasi, serta mendorong untuk kemajuan ekonomi masyarakat Sumenep.

“Tentu, harus mampu meningkatkan daya saing kopeasi,” katanya.(Rahman/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.