Mau Mengenal Aib Sendiri? Lakukan Hal Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Mau Mengenal Aib Sendiri? Lakukan Hal Ini
ilustrasi (kabarmakkah.com)

PortalMadura.Com – Kebanyakan manusia lupa pada aib yang melekat pada dirinya sendiri. Mereka juga menutup mata atas kekurangan-kekurangan yang ada. Sebaliknya, manusia malah selalu mengganggap dirinya lebih baik dibandingkan orang lain.

Padahal, salah satu cara penting bagi seseorang untuk menjadi hamba yang terus dalam ke istiqomahan adalah selalu ingat akan , ingat kesalahan dan dosa yang sudah banyak dilakukan.

Melihat aib sendiri merupakan suatu bentuk koreksi diri yang manfaatnya banyak sekali untuk kepribadian dan peningkatan ibadah seseorang. Hal ini sangat penting bagi seorang muslim yang senantiasa ingin dekat kepada Allah SWT.

Orang yang senantiasa melihat aib dirinya sendiri akan lebih hati-hati dan tidak ceroboh dalam melakukan dosa serta maksiat. Hal ini juga akan menjadi ladang untuk selalu berbuat kebaikan dengan harapan perbuatan salahnya dahulu bisa hilang diampuni oleh Allah.

Tentu semua orang mempunyai aib yang membuat dirinya berdosa ataupun merasa hina dihadapan Allah. Maka, dengan sikap seperti itu rasa untuk riya ataupun berbangga akan ibadah bisa dihindari.

Berikut empat cara untuk bisa melihat aib diri sendiri:

Duduk Bersama Para Ulama, Syaikh atau Ustaz
Hal ini akan memberikan efek positif bagi kita, kita melihat bagaimana bersih dan tenangnya jiwa mereka, sehingga akan membuat kita terlihat tidak ada apa-apanya.

Mereka juga tawadhu', fokus terhadap ibadah akan membuat kita serasa manusia terburuk yang tidak punya amalan sama sekali. Tentu ini akan membuat kita ingat dan seperti membaca satu-persatu aib diri sendiri, dosa dan kesalahan yang kita perbuat.

Selain itu duduk bersama mereka maka yang akan keluar adalah nasehat-nasehat yang baik, ini akan memberikan terapi yang sangat bagus bagi diri dan hati kita.

Bersahabat dengan Orang-orang Saleh
Bersahabat dengan orang-orang yang saleh akan selalu mengingatkan kita pada aib dan kejelekan kita. Mereka yang saleh akan membuat diri kita seperti baru bangun dari tidur yang panjang.

Bersahabat dengan mereka juga akan senantiasa menjaga kita dari perbuatan maksiat, mengurangi kegiatan yang negatif dan tentunya akan ada saling menasehati dalam kebaikan.

Membaca Aib dari Cercaan Orang lain
Allah SWT menciptakan dua telinga dan satu mulut, dimana salah satu hikmahnya adalah kita harus banyak mendengar daripada berbicara, kita harus jadi pendengar yang baik, sabar dan lebih bijak menanggapi cercaan dan ejekan orang lain.

Yang perlu kita ketahui adalah justru penilaian yang paling benar terhadap diri kita akan pendapat orang lain. Mereka lebih tajam dan lebih mengetahui kejelekan kita dan ini bisa menjadi bahan untuk mengetahui aib diri serta untuk perbaikan.

Selalu Bercermin dan Terus Mengevaluasi Diri
Cara yang terakhir agar kita ingat aib, kesalahan dan dosa kita adalah selalu bercermin terhadap diri sendiri. Ingat siapa diri kita, untuk apa kita diciptakan dan kenapa kita diciptakan.

Selain itu terus evaluasi diri minimal setiap satu minggu sekali, berapa banyak dosa dan kesalahan yang sudah diperbuat dan berapa banyak amalan yang dikerjakan dengan baik. Kalau perlu catat di kertas agar kita tahu dengan jelas.

Dengan begitu kita akan tahu lebih banyak mana dosa daripada kebaikan yang kita lakukan, sehingga akan terus ada perbaikan dalam hidup kita. (tandapagar.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.