oleh

Dicurhati Warga Tentang Pengangkatan Plt Kades, Dewan Minta Camat Proaktif

PortalMadura.Com, Pamekasan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur meminta camat proaktif terhadap segala persoalan yang terjadi di tingkat desa.

Ketua Komisi I DPRD Pamekasan, Ismail mengatakan, pihaknya menyayangkan tindakan camat yang tidak melaporkan status Kepala Desa Pademawu Timur, Margelap kepada bupati setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi atas kasus penyalahgunaan beras miskin (Raskin) tahun 2012.

“Ini persoalannya pada rekomendasi camat, dimana Kades Pademawu Timur itu statusnya sudah tersangka. Namun, ia tetap mengambil kebijakan berupa pengangkatan sekretaris desa menjadi Plt Kades pada saat itu,” ungkapnya, Senin (14/3/2016).

Politisi Partai Demokrat itu menambahkan, setelah Kades membuat kebijakan yang sangat strategis itu, bupati Pamekasan baru mengetahui jika yang bersangkutan sudah menyandang status tersangka. Sehingga, bupati langsung mengeluarkan surat pemberhentian sementara sesuai amanat undang-undang.

iklan hari santri

“Baik itu UU nomor 06 2014 maupun dari Permendagri nomor 08/02 2015. Seharusnya ini camat yang proaktif ketika Kades jadi tersangka langsung melapor bahwa hal hal strategis di desa sudah tidak bisa dilakukan,” tegasnya.

Pihaknya akan melakukan pertemuan dengan beberapa pihak terkait untuk membicarakan persoalan yang terjadi di Desa Pademawu Timur. Supaya, tuntutan masyarakatnya mendapatkan solusi yang nyaman berdasarkan UU.

Senin (14/3/2016), sejumlah tokoh masyarakat Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Pamekasan mendatangi kantor Komisi I DPRD mempertanyakan pengangkatan Plt Kades oleh Kades yang sudah berstatus tersangka beberapa waktu lalu lantaran sarat akan kepentingan politis. (Marzukiy/choir)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.