Rukem, Si Buah Langkah Yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Rukem, Si Buah Langkah Yang Sangat Berkhasiat Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rukem, tentu Anda masih asing mendengar nama buah yang satu ini. Memang buah yang satu ini sudah mulai langka atau sulit ditemukan.

Buah ini berbentuk bulat. Kulit buah rukem berwarna merah mirip buah apel, jika sudah matang. Kalau memakan buah ini, kita harus memijat-mijatnya terlebih dahulu. Agar rasa sepat buah ini tidak terasa.

Rukem adalah buah asli Indonesia. Nama latinnya, Flacourtia rukam. Di Indonesia keberadaan buah ini sudah semakin sulit ditemui. Sebab, tanaman ini tidak dibudidayakan sebagai buah yang dijual. Makanya, tidak banyak orang yang menanam buah ini.

Padahal buah ini sangat bermanfaat, lo. Berikut beberapa manfaat buah rukem untuk kesehatan. Yuk simak!

Atasi Penyakit Diare
Buah Rukem ini dapat dijadikan obat alternatif untuk mengatasi penyakit diare atau disentri. Hal ini dikarenakan buah ini lebih aman dan dapat mengurangi resiko yang tak diinginkan dibanding menggunakan obat-obat sintesis atau obat kimia.

Menjaga Kesehatan Pencernaan
Buah ini dapat digunakan sebagai penjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh kita, misalnya membunuh bakteri dalam saluran pencernaan dan melancarkan BAB. Hal ini dikarenakan buah rukem mengandung banyak serat alami (fiber).

Atasi Rasa Nyeri Saat Menstruasi
Bagi anda wanita sedang bermasalah dengan menstruasi anda, cobalah untuk mengonsumsi buah Rukem. Buah Rukem yang masih muda bisa dijadikan obat untuk mengurangi nyeri pada saat menstruasi.

Menghilangkan Bekas Gigitan Serangga
Buah rukem dipercaya dapat menghilangkan gigitan serangga, seperti gigitan nyamuk, yaitu dengan cara mengoleskan buah rukem pada bekas gigitan tersebut.

Mengobati Mata Bengkak
Buah rukem dipercaya dapat mengobati mata yang bengkak dengan cara menumbuk daun rukem, tumbukan itu diperas, kemudian diminum.

Perlu Anda ketahui, terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan sintetis bukan akan menyembuhkan penyakit Anda, tapi bisa saja memperparah penyakit yang diderita. Jadi, untuk Ladies cobalah untuk mencari alternatif obat alami atau obat herbal sebelum beralih ke obat sintetis.

Jangan terburu-buru memutuskan jika tidak berada pada kondisi yang mendesak. Hal yang lebih penting adalah jagalah kesehatan dengan hati-hati, karena kesehatan bukan hal yang bisa dibeli dengan uang.(infotumbuhan.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.