Sumenep Kekurangan Guru Capai 1.886 Orang

Avatar of PortalMadura.Com
Ahmad Sadik
dok. Ahmad Sadik

PortalMadura.Com, – Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur kekurangan tenaga pendidik sebanyak 1.886 orang. Kekurangan guru itu disebabkan tidak adanya rekrutmen baru, sementara hingga saat ini banyak guru yang pensiun.

“Kekurangan guru sebanyak 1.886 orang itu merupakan data hingga tahun 2015. Kalau tetap tidak ada penambahan guru hingga 5 tahun, maka kekurangan guru akan bertambah hingga 2.500 orang,” ungkap A Sadik, Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Rabu (6/01/2016).

Sadik menjelaskan, selama ini tidak ada keseimbangan antara rekrutmen dengan banyaknya guru yang sudah masuk masa pensiun sehingga berdampak pada jumlah guru itu sendiri.

“Ada ketidakseimbangan jumlah guru yang pensiun dan yang direkrut. Akibatnya, angka kekurangan guru semakin tinggi,” paparnya.

Ia mengaku, kekurangan guru tersebut bakal berdampak pada proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh sebab itu, pihaknya menyiasati dengan merekrut guru sukwan.

“Di wilayah kepulauan, ada 403 guru sukwan yang membantu proses kegiatan belajar mengajar. Mereka mayoritas warga setempat,” imbuhnya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.