Warga Pantura Mulai Krisis Air Bersih

Avatar of PortalMadura.Com
Warga Pantura Mulai Krisis Air Bersih
Ist. Net

PortalMadura.Com, – Memasuki musim kemarau, sebagian wilayah pantura Pamekasan, Madura, Jawa Timur sudah mulai krisis . Salah satunya terjadi di Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean.

Zainal Abidin, warga Dusun Pandian, Desa Dempo Barat menuturkan, terdapat beberapa dusun di desanya yang saat ini sudah mulai kekurangan air untuk konsumsi sehar-hari. Seperti kebutuhan masak, cuci, mandi dan kebutuhan lainnya.

“Ada tiga dusun yang sekarang kekurangan air, yaitu Dusun Jurang Dalem, Bancek dan Dusun Potreh,” kata Zainal, Rabu (27/5/2015).

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari, masyarakat di tiga dusun itu harus mengangkut dari sumur di dusun tetangga. Mengingat, sejumlah mata air di daerahnya mulai mengering menyusul tidak turunnya hujan dalam beberapa bulan terakhir.

“Kalau di tiga dusun itu memang mata air sulit, beberapa sumur yang ada meski musim penghujan tidak ada airnya. Makanya, ketika hujan di wilayah itu kamar mandinya diisi air hujan,” keluhnya.

Kata Zainal, sebetulnya tidak hanya daerah tersebut yang kekurangan air menjelang musim kemarau tahun ini, melainkan terdapat beberapa desa lainnya di pantura yang sudah kelimpungan mencari air bersih. Tentu, fakta itu harus menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten (Pemkab).

“Di daerah itu memang ada sumur bor milik PDAM, tapi sampai sekarang belum berfungsi. Makanya, kami mohon agar segera difungsikan menjelang musim kemarau ini,” ujarnya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.