1.500 Pramuka Ikuti Jambore di Malaysia

Avatar of PortalMadura.Com
1.500 Pramuka Ikuti Jambore di Malaysia
Pramuka

PortalMadura.Com – Sebanyak 1.500 mengikuti 13 tahun , , , , sejak 25 November 2016 – 01 Desember 2016.

Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai perdamaian kepada generasi muda. Peserta dilepas dalam sebuah upacara yang dipimpin Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, di Aula Cut Nyak Dhien, Kamis (24/11/2016).

Ketua Kontingan Gerakan Pramuka dalam kegiatan ini, Kak Mardhani Zuhri menjelaskan segala persiapan sudah selesai, berbeda dengan kegiatan dalam ruangan, persiapan untuk kegiatan luar ruangan seperti ini harus benar-benar matang, semua harus dicek berulang-ulang, ini juga yang terus ditekankan oleh Ketua Kwarnas, Kak Adhyaksa Dault.

“Alhamdulillah kami di Pramuka diajari oleh para pelatih senior tentang manajemen resiko, kerja cepat, kerjasama, dan lain-lain,” katanya.

“Terima kasih kepada para Pengurus Gerakan Pramuka dari Kwarnas hingga Gugus Depan, para orangtua dari peserta. Terima kasih juga kepada para CMT, Pinkonda, Bindamping yang telah bekerja keras, ayo kita berikan yang terbaik di Jambore ini. Seperti pesan Ketua Kwarnas, mari kita harumkan nama Indonesia di pentas internasional”, jelas Kak Mardhani Zuhri di Bumi Perkemahan, Cibubur.

Sementara, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault menyampaikan lima pesan kepada Kontingen Gerakan Pramuka (Pimpinan Kontingen, CMT, Pinkonda, Pembina Pendamping serta 1495 Peserta).

Pertama, anak-anak Pramuka Indonesia tidak boleh minder bertemu dengan siapapun, kita bangsa besar dengan sejarah yang gemilang. Hormati dengan sungguh-sungguh siapapun yang ditemui dengan ucapan dan tindakan yang baik dan benar.

“Anak Pramuka harus percaya diri, dan wajib hormat pada siapapun, utamanya kepada Orangtua, Guru, Pembina, teman-teman dan orang-orang yang lebih tua,” ujarnya.

Kedua, jangan pernah berhenti memperdalam wawasan keindonesiaan, jangan sampai anak Pramuka geleng-geleng kepala, alias tidak tahu ketika ditanya tentang Indonesia, seperti jumlah penduduk, budaya, sejarah. “Ingat kita semua adalah duta bangsa Indonesia,” katanya.

Ketiga, bangun jaringan, ikut perkemahan di luar negeri itu salah satu manfaatnya untuk membangun jaringan. Jangan hanya berteman dengan teman satu tenda atau satu daerah. Cari teman sebanyak-banyaknya  dari daerah dan negara lain. 20 tahun kemudian bisa jadi kenalan adik-adik itu akan bertemu kembali di forum-forum internasional. “Pulanglah dengan membawa data jaringan”.

Keempat, Jalankan ibadah sesuai dengan Agama masing-masing, jangan pernah meninggalkan ibadah, ingat Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka. Ikuti semua peraturan di Bumi perkemahan, ikuti arahan dari Kakak Pimpinan Kontingen, CMT, Pinkonda, Bindamping.

“Kakak Pimpinan kontingen bertanggung jawab kepada saya. Saya ingin semua peserta berangkat dengan selamat, dan pulang dengan selamat dan gembira,” ucapnya.

Kelima, sampaikan hal-hal yang keren, gembira, asyik tentang kegiatan ini di media sosial. Tagar kita #PramukaDiJamboreMalaysia. Bisa dengan foto, tulisan, video, poster. Ingat setiap Pramuka adalah kantor berita. Setiap peserta wajib menuliskan pengalamannya ikut Pramuka dan ikut Jambore ini di media sosial, pilihlah foto yang pantas dan bagus. Dengan itu, kita ikut menjadikan internet dan media sosial dipenuhi hal-hal positif. “Saya mohon kepada Kakak-Kakak Pimpinan Kontingen, CMT, Pinkonda, Bindamping untuk memperhatikan ini,” harapnya.

Dalam Jambore di Malaysia ini, kontingen Gerakan Pramuka dipimpin oleh Kak Mardhani Zuhri, dan CMT; Kak Kurnia Bakti, Kak Fahri Makkasau, Kak Hariqo Wibawa Satria, Kak dr. Evy, Kak Suhardi, Kak Venny Indri.

Ketua Kwarnas GErakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas lancarnya segala persiapan kegiatan ini. “Terima kasih sedalam-dalamnya kepada Seluruh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka, Ketua Kwarcab, Ketua Kwarran, Ketua Gudep, seluruh Pengurus dan Anggota Gerakan Pramuka. Terima kasih untuk Kakak Pimpinan Kontingen, Kakak-Kakak CMT, Kakak-Kakak Pinkonda, Kakak-Kakak Bindamping. Terima kasih atas pengabdiannya. Salam Pramuka”, jelas Adhyaksa Dault.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.