oleh

10 Amalan yang Bisa Jadi Penghalang Siksa Kubur

PortalMadura.Com – Setelah kematian, salah satu hal yang paling ditakuti manusia, yaitu siksa kubur. Azab ini pasti nyata adanya berdasarkan keterangan dari hadis-hadis Rasulullah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang tidak beriman pada Allah SWT.

Parahnya lagi, tidak ada seorang pun yang bisa membayangkan bagaimana pedihnya siksa kubur. Sehingga, para ulama banyak mengajarkan doa agar umat Islam terhindar dari siksa kubur.

Berikut ini sepuluh amalan agar terhindar dari siksa kubur:

Memelihara Salat Lima Waktu
Berdasarkan Hadis oleh Ibu Hajar Al Haitami dalam kitabnya “Az Zawaajir” bahwa orang yg memelihara salat lima waktu itu akan dihindarkan dari siksaan kubur, berbeda dengan orang yang mengabaikannya, maka di waktu dia mati, mayatnya dihimpit Kubur sehingga berselisih tulang rusuknya.

Selalu Membaca Surah Al Ikhlas Terutama dalam Kesakitan yang Membawa Kematian
Al Imam At Tabaraani mengemukakan Hadis melalui ‘ Abdulah b. Asy Syakhiir bahwa Rasulullah bersabda: ” Siapa membaca Qul Huwallaahuahad dalam kesakitan yang membawa matinya, tiadalah ia menderita himpitan kubur; dan di hari kiamat kelak, ia dibawa oleh Malaikat dengan telapak tangannya sampai terlepas dari Titian Siratul Muntaha dan sampai ke surga (bagi mereka yg beriman)”.

Loading...

Senantiasa Membaca Surah Al Mulk (Tabaarak) pada Setiap Malam Setidaknya Malam Jumat
Rasullulah menyebutkan Surah ini dengan “Al Maani’ah” (Pencegah, penahan dari siksaan) di mana beliau bersabda; “Dialah surah Pencegah yang mencegah pembacanya dari siksa Kubur” (Riwayat An Nasaa’i. Hadis Riwayat At Turmudzi meneruskan Ibnu ‘ Abbaas. Hasan).

Barang Siapa yang pada setiap malam membaca Tabaarak .., maka dia akan dicegahkan oleh Allah ‘ Azza Wa Jalla dari siksa Kubur ” (HR. An Nasaa’i melalui Ibnu Mas’uud).

Abu Hurairah dan Jaabir b. Abdullah pernah menerangkan, bahwa Rasullullah tidaklah beliau tidur malam sehingga ia membaca Surah alif laam miin Al Kitaab (QS. As Sajdah) dan Tabaarak.

Mati Syahid

Halaman: 1 2


whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar