oleh

10 Bahan Alami yang Bisa Dimanfaatkan untuk Perawatan Kulit Wajah

PortalMadura.Com – Mayoritas kaum hawa menggunakan berbagai macam produk makeup untuk menyembunyikan bintik-bintik gelap dan jerawat setiap harinya. Padahal, mereka perlu menyingkirkan masalah kulit seperti itu, bukan sibuk untuk menutupinya.

Nah untuk mengatasinya tersebut, satu hal yang selalu bekerja dengan baik yaitu bahan alami, bukan produk yang sudah dicampur berbagai macam bahan kimia. Anda pun bisa mencari dan menggunakan bahan-bahan alami yang Anda miliki di rumah untuk membantu menghilangkan masalah kulit yang ada.

Berikut sepuluh bahan yang bisa membantu Anda sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki:

Bawang Putih untuk Jerawat
Mengandung senyawa yang disebut allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik membuat bawang putih bisa menjadi pilihan yang tepat mengatasi jerawat serta mengurangi peradangan. Anda bisa menggunakan bawang putih yang sudah dijadikan pasta langsung ke wajah, kemudian tunggu beberapa menit sebelum mencucinya.

Minyak Zaitun untuk Anti Aging
Minyak ini mengandung asam lemak omega 3 yang membantu mencegah kerusakan kulit atau penuaan. Selain itu, juga bisa mengurangi garis halus dan kerutan. Caranya dengan mencampurkan minyak zaitun dan minyak jojoba, kemudian oleskan ke wajah. Diamkan 20 menit dan bilas menggunakan air biasa.

Minyak Kelapa untuk Melembapkan
Mengandung sifat emolien membuat minyak kelapa membantu mengisi ruang di antara sel kulit mati, sehingga menciptakan permukaan yang halus. Anda bisa menggunakan minyak kelapa sebagai pelembap, terutama jika Anda memiliki kulit yang kering. Anda bisa menggunakannya langsung ke wajah dan memijatnya beberapa menit. Gunakan 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang halus dan kenyal.

Oatmeal untum Exfoliator
Exfoliator dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi di kulit, menyingkirkan minyak, kotoran, dan debu yang menempel di kulit Anda. Anda bisa menggunakan oatmeal sebagai scrub wajah Anda.

Tomat untuk UV Protection
Tomat mengandung senyawa yang disebut lycopene yang membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu, ia juga bekerja sebagai anti penuaan dan membuat masalah kulit seperti garis halus dan kerutan berkurang.

Yogurt dan Lemon untuk Blemish
Kedua bahan ini kaya akan viyamin C yang dapat melembapkan kulit serta menghilangkan noda. Yogurt juga dikenal untuk melindungi keseluruhan tekstur kulit Anda dan membuatnya bercahaya serta lebih cerah.

Susu untuk Mencerahkan
Asam laktat yang terkandung dalam susu dapat membantu mencerahkan kulit. Susu juga mengandung lemak dan mineral alami yang membantu meronakan kulit. Selain itu susu mengandung magnesium, kalsium dan protein lain yang dapat mengencangkan dan menyuburkan kulit.

Kunyit untuk Kulit Bercahaya
Kunyit memiliki sejumlah antioksidan yang membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya dari kulit Anda. Sehingga membuatnya terasa segar dari dalam. Selain itu, kunyit juga bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit Anda sehingga membuat kulit tetap sehat dan bersinar.

Lidah Buaya untuk Mengobati Kulit Terbakar
Kulit Anda terbakar sinar matahari?. Solusi terbaiknya adalah lidah buaya. Banyak manfaat yang terkandung dalam lidah buaya mulai dari meremajakan sampai menyembuhkan berbagai persoalan kulit.

Baking Soda untuk Mempertahankan Keseimbangan pH
Baking soda adalah exfoliator kulit yang bagus dan juga membantu menjaga keseimbangan pH. Selain itu, baking soda juga bisa menenangkan kulit dan menjauhkannya dari segala jenis peradangan, berkat sifat anti peradangannya. (okezone.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar