10 Makanan Untuk Menambah Tinggi Tubuh Si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com
10 Makanan Untuk Menambah Tinggi Tubuh Si Kecil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempunyai tubuh tinggi menjadi keinginan semua orang, apalagi bagi si kecil. Tentunya semua orang tua menginginkan hal yang sama yaitu mempunyai anak yang bertubuh tinggi. Sehingga kecukupan gizi harus diperhatikan orang tua.

Meskipun tinggi badan tergantung pada genetika, namun ada beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk menjadikan si kecil tumbuh tinggi. Peningkatan Hormon Pertumbuhan Manusia (HGH) menjadi hal penting dan ini terdapat pada beberapa makanan. Penasaran?

Berikut penjelasannya:

Melatonin
Makanan kaya melatonin seperti kacang tanah, jagung, asparagus, tomat, anggur, delima, zaitun, brokoli, mentimun, barley, gandum, kenari, biji bunga matahari, dan biji rami akan membantu Anda tidur lebih baik sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak HGH. Besar kemungkinan anak akan memiliki tubuh tinggi.

Arginin
Arginin atau asam amino juga meningkatkan HGH. Studi menunjukkan bahwa Anda membutuhkan sekitar 15-20 gram per hari. Selain kalkun, makanan lain yang tinggi arginin termasuk ayam, biji labu, kedelai, dan kacang tanah.

Protein
Jika Anda menginginkan buah hati tercinta punya tubuh tinggi, pastikan asupan protein mereka tercukupi. Asam amino dalam protein akan membuat semua jaringan dari organ ke tulang. Daging sapi telah terbukti membantu Anda mensintesis L-orthinine, asam amino yang berperan dalam sel-sel sehat.

Makanlah daging sapi yang diberi makan rumput, ayam yang dipelihara di padang rumput dan telur omega 3.

Vitamin D
Sudah pasti Anda membutuhkan vitamin D untuk menjaga tulang tetap sehat. Vitamin D sangat penting untuk kesehatan Anda. Cobalah mengonsumsi makanan seperti tuna, mackerel, salmon, susu, hati sapi, keju dan kuning telur.

Kalsium
Kalsium sangat penting jika Anda ingin tumbuh lebih tinggi. Kalsium ini akan membantu menjaga komunikasi antara otak dan seluruh tubuh. Tubuh Anda menggunakan kalsium untuk mengatur kontraksi otot, sehingga sangat penting bagi jantung Anda.

Makanan kaya kalsium seperti susu (sering diperkaya dengan vitamin D), yoghurt, kacang-kacangan dan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau tua, dan sarden.

Magnesium
Tubuh membutuhkan magnesium untuk memproses kalsium dan vitamin D. Makanan kaya magnesium termasuk cokelat hitam, alpukat, kacang-kacangan, salmon, dan kacang-kacangan seperti lentil. Magnesium juga membantu mengatur tekanan darah dan irama jantung.

Minyak Kelapa
Salah satu cara untuk meningkatkan HGH yaitu dengan menurunkan berat badan. Memasak dengan minyak kelapa akan membantu tubuh Anda membakar lemak.

Vitamin C
Vitamin C penting jika Anda ingin memiliki tulang yang sehat. Tubuh Anda menggunakan vitamin C untuk membangun kolagen. Kolagen menjdi bagian berserat dari tulang dan tulang rawan.

Manusia merupakan satu-satunya mamalia yang tidak dapat mensintesis vitamin C sehingga Anda perlu makan makanan kaya vitamin C. Ini termasuk jeruk, semangka, stroberi, nanas, kiwi dan blewah.

Besi
Anda membutuhkan zat besi sehingga darah Anda dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Makanan kaya zat besi termasuk kerang, bayam, hati, kacang-kacangan, daging merah, dan quinoa.

Glutamin
Glutamin merupakan asam amino yang digunakan untuk membangun protein. Anda biasanya memiliki cukup glutamin dalam tubuh, kecuali Anda sedang stres. Penelitian telah menunjukkan bahwa 2 gram makanan tinggi glutamin dapat meningkatkan produksi HGH Anda.

Makanan yang dapat meningkatkan kadar glutamin Anda: sayuran hijau mentah, protein hewani dan telur, susu, yoghurt, dan keju. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.