oleh

10 Muharam Jadi Kisah Bagi 7 Nabi Ini

PortalMadura.Com – Salah satu bulan yang dirahmati Allah SWT dan istimewa bagi umat Islam yaitu Muharam. Selain itu, bulan Muharam juga merupakan bulan perdana di tahun Hijriah. Banyak amalan yang bisa dilakukan di bulan Muharam, seperti puasa tasyua dan asyura, menyatuni anak yatim dan lain sebagainya.

Selain perbanyak amalan baik di bulan Muharam, juga perlu diketahui bahwa ada beberapa kejadian yang menakjubkan pada zaman Nabi. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (11/9/2019) dari laman okezone.com yng dikutip dari NU.Online. Lalu seperti apa kisahnya?

Nabi Adam

Seperti yang Anda ketahui Adam adalah Nabi sekaligus manusia pertama yang diciptakan dan diturunkan Allah ke muka bumi. Cerita paling popular selama ini yang Anda dengar adalah ketika dia diusir oleh Allah dari surga karena telah melanggar suatu hal, yaitu memakan buah qoldi.

Nabi Adam pun dikeluarkan oleh Allah dan diturunkan ke bumi. Lalu, dia bertaubat memohon ampun atas segala dosa-dosanya. Taubatnya itu diterima oleh Allah bertepatan pada 10 Muharam.

Baca Juga: Calon Pimpinan DPRD Sumenep Periode 2019-2024 Diparipurnakan

Nabi Nuh

Setelah berlayar cukup jauh karena banjir yang sangat dahsyat, akhirnya kapal Nabi Nuh berlabuh di Bukit Zuhdi bertepatan pada 10 muharam.

Kala itu Allah menurunkan hujan yang sangat deras sehingga mengakibatkan banjir yang sangat besar. Tujuan diturunkan hujan deras untuk memusnahkan kaum Nabi Nuh yang dikenal durhaka saat itu.

Nabi Ibrahim

Pada 10 Muharram jadi hari bersejarah untuk Nabi Ibrahim. Saat itu dia selamat dari siksaan api Raja Namrud yang marah karena Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala buatan raja tersebut.

Cara Nabi Ibrahim menghancurkannya, yaitu dengan memotong tiap berhala-berhala yang dibuat raja Namrud menggunakan kapak. Kemudian dia menggantungkan kapak itu di kepala patung. Namrud pun marah dan memerintahkan prajuritnya untuk menghabisi Nabi Ibrahim. Namun akhirnya gagal.

Loading...

Nabi Yusuf

Nabi Yusuf dikenal dengan ketampanannya, hingga dapat membuat perempuan-perempuan tergoda. Salah satunya Zulaikha yang sangat tertarik dengannya. Hingga akhirnya Zulaikha menggodanya, tapi malah Nabi tampan ini yang terkena fitnah dan dipenjara.

Bertepatan pada 10 Muharam akhirnya Nabi Yusuf dibebaskan karena tidak terbukti bersalah. Sebelumnya dia dituduh menggoda Zulaikha padahal tidak.

Nabi Yunus

Waktu itu Nabi Yunus pasrah karena kesulitan menasihati kaumnya. Akhirnya dia pergi jauh berkelana menggunakan kapal laut bersama beberapa orang di dalamnya.

Tiba-tiba badai yang sangat dahsyat datang, sehingga membuat ombak besar menerjang kapal yang tengah ditumpangi Nabi Yunus. Supaya kapal tidak tenggelam, akhirnya awak kapal berniat mengurangi beban.

Kemudian diundi siapa yang harus dibuang ke laut, hingga tiga kali nama Nabi Yunus lah yang keluar, dia pun pasrah karena ini semua takdir Allah. Yunus pun tejun ke laut dan kemudian seekor ikan paus melahapnya. Setelah 40 hari Nabi Yusuf di dalam perut paus, dia keluar bertepan dengan 10 Muharam.

Nabi Ayub

Pada 10 Muharam Nabi Ayub disembuhkan dari penyakitnya yang dianggap menjijikan. Bahkan saking menjijikkannya kala itu, semua kaum Nabi Ayub meninggalkannya.

Meski demikian, Nabi Ayub ikhlas. Meski orang-orang yang meninggalkannya itu pernah dibantunya lalu kemudian malah tidak peduli ketika dia tertimpa musibah. Karena ketabahannya, Allah pun mengangkat semua penyakit Nabi Ayub.

Nabi Musa

Saat itu Nabi Musa menyelamatkan Bani Israil yang diperbudak oleh Raja Firaun yang dikenal dengan keangkuhannya. Bahkan Raja Firaun mengaku sebagai Tuhan.

Lalu Musa pun mengajak kaumnya untuk mencari tempat baru dan keluar dari Mesir. Namun niatnya diketahui Raja Firaun dan mereka pun terjebak di Laut Merah. Atas izin Allah, Nabi Musa dapat membelah Laut Merah tersebut. Dia dan kaumnya pun akhirnya bisa melewatinya dan terbebas dari kejaran prajurit yang dikirim Firaun untuk mengejar mereka.

 


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com

Komentar