10 Pesawat Angkut Asing Salurkan Bantuan Korban Gempa Sulawesi

  • Bagikan
10 pesawat angkut asing salurkan bantuan korban gempa Sulawesi
Ilustrasi pesawat angkut militer. (Dok. Pusat Penerangan TNI - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, Jakarta – Indonesia telah menerima bantuan dari 14 Negara untuk menangani dampak bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah yang menewaskan lebih dari 1200 lebih warga.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto mengatakan dari 14 Negara tersebut sejumlah Negara telah mengirimkan 10 pesawat Hercules C-130 untuk bantuan angkutan udara di sana. dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (2/10/2018).

Dia berharap dengan adanya bantuan tersebut maka bantuan logistik dengan angkutan udara tersebut bisa sampai ke Kota Palu dan tiga Kabupaten lainnya yang terkena dampak gempa di Sulawesi Tengah.

“Singapura (membantu) 2-3 pesawat, Malaysia, Korea Selatan, India, Amerika Serikat, membantu pesawat angkut C-130 dan ini saya kira sangat membantu,” ujar Wiranto usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta pada Selasa.

Selain pesawat, Pemerintah Indonesia juga telah menerima alat penyulingan air dan rumah sakit lapangan serta generator untuk kebutuhan listrik dari sejumlah Negara di antaranya dari Qatar, Jepang, India dan juga ASEAN.

Dia juga mengatakan ada beberapa Negara yang menyumbang bantuan dalam bentuk dana.

Pemerintah memastikan dana yang diberikan tersebut akan dikelola dan dipertanggungjawabkan dengan baik dan tepat sasaran.

“Presiden mengarahkan agar semua bantuan direncanakan dengan baik diterima dengan baik, diatur dengan baik dan dipertanggungjawabkan dengan baik karena itu adalah suatu proses partisipasi dan toleransi dari persahabatan antar Negara dan ini buah dari proses lawatan presiden dari banyak Negara,” jelas Wiranto.

Bantuan ini kata Wiranto akan terus berlangsung hingga proses rehabilitasi dan rekonstruksi di Sulawesi Tengah. (AA)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.