11 Khasiat Cuka Untuk Mencuci Pakaian

Avatar of PortalMadura.Com
11 Khasiat Cuka Untuk Mencuci Pakaian
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat sebagian besar orang menggunakan sabun atau deterjen untuk membersihkan noda-noda yang menempel. Berbagai merk deterjen yang beredar di pasaran tentunya dengan menawarkan keunggulan masing-masing.

Namun tahukah Anda, ternyata mencuci pakaian dengan tambahan mempunyai beberapa manfaat. Penasaran apa saja? Berikut penjelasannya:

Mencerahkan Warna
Untuk mencerahkan warna pakaian Anda, tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam cucian pakaian. Cuka dapat membantu deterjen bekerja lebih efektif, serta melindungi warna, dan memudarkan noda-noda yang membuat warna pakaian Anda menjadi kusam.

Pelembut Pakaian
Ganti pelembut pakaian Anda dengan cuka. Cuka juga dapat berfungsi sebagai pelembut pakaian alami, tanpa meninggalkan residu apapun. Anda hanya perlu menambahkan setengah cuka ke bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Peredam statis
Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Menghilangkan Residu Sabun
Asam asetat dalam cuka dapat memecah residu sabun yang mungkin telah terakumulasi pada pakaian, handuk, selimut, dan seprai Anda. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif, terutama pada bayi dan anak kecil.

Anda hanya perlu menambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian untuk menghilangkan penumpukan sabun. Atau dua cangkir cuka saat mencuci handuk, seprai, dan selimut.

Meminimalisir Bulu-bulu Hewan Peliharaan
Cuka juga dapat membantu meminimalisir serat dan menghilangkan bulu-bulu dari hewan peliharaan Anda. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Menjaga Warna Putih
Cuka dapat membantu Anda menjaga warna putih pada pakaian dan membersihkan noda kotor. Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian berwarna putih.

Membersihkan Noda
Anda bisa menyemprotkan cuka pada noda kopi, anggur, soda, cokelat, atau jelly. Sedang untuk noda yang terkena pada pakaian berbahan katun 100% poliester, Anda bisa mengoleskan langsung cukanya.

Biarkan selama sepuluh menit, lalu gosok perlahan dengan sikat lembut, dan cuci sesuai petunjuk perawatan pakaian. Untuk noda deodoran, gosokkan sebuah kain lap yang telah diberikan cuka secara perlahan.

Menghilangkan Bau
Cuka dikenal sangat baik dalam menghilangkan bau, bahkan bau asap dan jamur. Tambahkan satu cangkir cuka ke dalam bilasan terakhir saat mencuci pakaian.

Untuk bau asap, isi bak mandi dengan air panas dan tambahkan dua cangkir cuka. Gantungkan pakaian di atas bak mandi dan cuka akan menyerap bau asap pada pakaian Anda.

Mencegah Warna Pakaian yang Memudar
Pakaian berwarna cerah cenderung cepat memudar, jika Anda tidak merawatnya sesuai petunjuk. Anda dapat mencegah hal ini dengan merendam pakaian dalam larutan satu cuka dan satu bagian air selama 20 menit.

Untuk Mencuci dengan Tangan
Gunakan cuka sebagai pengganti deterjen. Caranya mudah, tambahkan seperempat cangkir cuka ke dalam wastafel yang telah terisi penuh dengan air hangat, rendam pakaian selama 15 hingga 30 menit, kemudian bilas hingga bersih, dan biarkan kering.

Mencuci dengan Mesin Cuci
Residu sabun dan mineral dapat mengendap di dalam mesin cuci Anda. Hilangkan buih sabun dalam mesin cuci Anda dengan menambahkan satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci yang telah kosong, dan menjalankannya seperti saat Anda mencuci pakaian, tanpa ada pakaian di dalamnya. Lakukan sekali dalam sebulan. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.