oleh

15 Tips Temukan Cinta Sejati dalam Islam

PortalMadura.Com – Dari sejak lahir bahkan sebelum lahir kita sudah dikenalkan cinta oleh orang tua dan keluarga kita. Cinta merupakan sebuah anugrah yang diberikan Allah kepada umatnya. Tanpa cinta mungkin dunia akan hancur, karena cinta adalah dasar bagi setiap orang untuk dapat hidup dan menjalani takdir di dunia ini. Cinta juga yang mengatur hubungan setiap orang, tanpa adanya cinta, tidak mungkin akan ada keluarga, anak, persahabatan, keindahan alam, dan hubungan sosialisasi yang lain.

Setiap orang pasti menginginkan yang namanya cinta sejati. Yakni cinta yang tetap ada dalam keadaan apapun, susah dan senang, lapang dan sempit, jelek dan rupawan.

Cinta sejati merupakan cinta yang tumbuh bukan karena harta, rupa atau kebahagiaan semata. Namun cinta yang muncul karena rasa ingin menjaga dan melindungi serta ingin bersama sehidup semati di dunia dan di akhirat.

Sebagai seorang muslim, tentu ada cara bagaimana menyikapi adanya cinta dengan jalan yang banar sesuai petunjuk-Nya sehingga tercapai cinta sejati yang sesungguhnya. Berikut adalah tips temukan cinta sejati dalam Islam.

1. Menghargai Diri Sendiri

Cara menemukan cinta sejati dalam islam yang pertama tentunya wajib menghargai dan mencintai diri sendiri. terima diri kita apa adanya dan jaga semua yang kita miliki.

Jangan pernah melanggar perintah agama seperti membuka aurat agar terlihat lebih cantik atau tampan dan agar menarik minat lawan jenis. Hal tersebut justru akan menjauhkan dari cinta sejati karena cinta yang diterimanya hanya karena hawa nafsu semata, bukan karena keimanannya.

“Wanita itu adalah aurat (harus ditutupi), bila ia keluar dari rumahnya, maka setan akan mengesankannya begitu cantik (di mata lelaki yang bukan mahramnya).” (Riwayat At Tirmizy dan lainnya).

Jelas hadist tersebut bahwa setan mudah menggoda manusia yang tidak menjalankan syariat agama, begitu pula halnya dengan lelaki yakni cara memperjuangkan cinta dalam islam dilakukan dengan tetap menghargai diri sendiri.

2. Utamakan Agama

Bila mungkin merasa ragu tentang apa yang dicari dalam cinta, apakan bahagia dan cinta sehati itu akan timbul karena cantik dan tampan? Karena kaya raya? Atau karena akhlak baik yang menenangkan hati dan membawa ke jalan Allah? Tentu jawabannya ialah agama yang membawa kepada cinta sejati, bukan karena duniawi sesuai dengan ayat Alquran tentang cinta sejati.

“Biasanya, seorang wanita itu dinikahi karena empat alasan: karena harta kekayaannya, kedudukannya, kecantikannya dan karena agamanya. Hendaknya engkau menikahi wanita yang taat beragama, niscaya engkau akan bahagia dan beruntung.” (Muttafaqun ‘alaih).

Sebab itu cintai seseorang karena agama, dan lakukan salat istikharah untuk lebih memantapkan hati.

3. Mencintai dengan Wajar

Jaman dahulu terdapat wanita yang dicintai karena keindahan fisiknya hingga akhirnya ia sakit dan tidak lagi cantik, hal itu membuat suaminya berpaling padahal sebelumnya mencintai dengan berlebihan. Tips jatuh cinta dalam islam tidak dijalankan oleh lelaki tersebut. Lelaki itu pun mendapat teguran dari Aisyah, istri Rasulullah. “Wahai Abdurrahman, dahulu engkau mencintai Laila dan berlebihan dalam mencintainya. Sekarang engkau membencinya dan berlebihan dalam membencinya. Sekarang, hendaknya engkau pilih: Engkau berlaku adil kepadanya atau engkau mengembalikannya kepada keluarganya. (Tarikh Damaskus oleh Ibnu ‘Asakir 35/34 & Tahzibul Kamal oleh Al Mizzi 16/559).

Dari kisah tersebut, jelas bahwa kita jangan sampai terpikat oleh seseorang yang berlebihan mencintai kita, bisa saja ia mencintai karena nafsu dan akan mudah lenyap oleh waktu.

4. Hindari Jual Mahal Berlebihan

Keutamaan cinta dalam islam ialah jangan terlalu menerapkan target untuk cinta sejati, cukup yang tekun berusaha, baik agamanya, bersikap baik pada kita dan keluarga, serta berilmu dan mampu mengajak kepada kebaikan.

“Bila ada seorang yang agama dan akhlaknya telah engkau sukai, datang kepadamu melamar, maka terimalah lamarannya. Bila tidak, niscaya akan terjadi kekacauan dan kerusakan besar di muka bumi.” (Riwayat At Tirmizy dan lainnya).

5. Hindari Alasan Fisik

Orang-orang yang (semasa di dunia) saling mencintai pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa.” (Qs. Az Zukhruf: 67).

Firman Allah tersebut menjelaskan bahwa banyak orang yang berubah saling memusuhi setelah saling mencintai karena cinta mereka berdasarkan ada kesenangan semata, tidak karena Allah.

6. Perbaki Akhlak Diri Sendiri

Untuk mendapatkan cinta sejati yang berakhlak saleh, tentu yang pertama ialah memperbaiki akhlak diri sendiri terlebih dahulu, sebagaimana Allah berfirman bahwa Laki laki yang baik ialah untuk perempuan yang baik, dan sebaliknya. Sebab itu perbaiki diri dan perbanyak instropeksi diri hingga akhirnya oleh Allah akan dipertemukan dengan cinta sejati yang terbaik untuk kita.

7. Komitmen

Yahya bin Mu’az berkata: “Cinta karena Allah tidak akan bertambah hanya karena orang yang engkau cintai berbuat baik kepadamu, dan tidak akan berkurang karena ia berlaku kasar kepadamu.”

Cinta sejati dapat dimiliki denga komitmen, jika di awal yang dilihat hanya kebaikan, tentu akan menerima, ketika selanjutnya menemukan keburukan juga harus menerima, tetap menerima dan saling menginggatkan dalam kebaikan sebab manusia memang tidak mungkin ada yang sempurna.

8. Perluas Silaturahmi

Cara menemukan cinta sejati dalam islam ialah selanjutnya yaitu dengan mmemperbanyak silaturahmi. Jelas tidak mungkin cinta sejati akan turun dari langit jika tidak dicari. Perluas pergaulan namun tetap dengan menjaga diri.

“Dan peliharalah hubungan silaturahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (QS An Nisa : 1).

9. Bergaul dengan Orang Saleh

Dekatkan diri dengan orang-orang yang saleh agar kita juga ikut menjadi saleh dan meniru kebaikan yang mereka lakukan. Hal tersebut juga bisa menjadi cara menemukan cinta sejati dalam islam, sebab orang baik tentu akan menemukan atau ditemukan oleh orang yang baik juga.

“Dan hendaklah kamu bersama orang orang yang benar (jujur)”. (QS A Taubah: 119).

10. Jangan Menyakiti atau Memanfaatkan

“Sungguh tidak beriman orang yang tetangganya tidak aman dari kejahatannya”. (HR Bukhari No. 6016).

Terutama untuk orang orang yang merasa memiliki kelebihan dan merasa mampu memikat lawan jenis, jangan pernah memanfaatkan atau menyakiti orang lain dengan sengaja, sebab bisa saja akan terjadi pada diri sendiri di lain hari sehingga akan sulit untuk menemukan cinta sejati.

11. Mengunjungi Tempat Tempat Islami

Firman Allah dalam QS. Ali Imran Ayat 101 yakni, “Bagaimana mungkin kalian menjadi kafir sedangkan ayat ayat Allah dibacakan pada kalian dan Rasul-Nya pun berada di tengah tengah kalian?”.

Jika ingin bertemu cinta sejati yang baik akhlaknya tentu harus mendatangi tempat-tempat yang baik yang di dalamnya banyak terdapat kegiatan agama yang bermanfaat dan berpeluang mempertemukan dengan cinta sejati. Jika datang ke tempat buruk maka di dalamnya juga ada orang-orang yang buruk sehingga menjauhkan dari cinta sejati.

12. Cerdas dan Berilmu

Jadilah orang yang berilmu, rajin belajar, rajin membaca, banyak wawasan. Orang yang tampan atau cantik secara fisik mudah ditemukan dimana saja, tapi yang baik fisiknya dan cerdas otaknya tentu akan terlihat jauh lebih menarik.

Firman Allah dalam QS. An-Nahl Ayat 44 yakni “Dan Kami turunkan kepadamu Alquran agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkannya”.

13. Berdoa

Jangan lupa untuk melibatkan Allah dalam segala urusan termasuk dalam ikhtiar untuk cara menemukan cinta sejati dalam islam, doa akan mempermudah urusan apapun, dengan rajin berdoa dan berusaha sebaik mungkin, Insya Allah akan segera mendapatkan cinta sejati yang terbaik untuk dunia dan akhirat.

“Ya Robb, berikanlah kepadaku istri/suami yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

14. Perbanyak Selawat

“Semoga Allah mengumpulkan kesempurnaan kalian berdua, membahagiakan kesungguhan kalian berdua, memberkahi kalian berdua, dan mengeluarkan dari kalian berdua kebijakan yang banyak”. (Kitab Ar Ritadh An Nadrah 2:183). Hadist tersebut ialah doa Rasulullah pada pernikahan anaknya, Fatiman dan Ali.

Orang yang sering berselawat akan mendapat doa kembali dari beliau dan beliau mengetahui siapa saja yang sering bersealawat padanya dari surga. Sehingga dengan memperbanyak selawat maka akan datang berbagai kebaikan pada kita dalam urusan apapun termasuk dalam hal menemukan cinta sejati.

15. Teladani Orang Saleh terdahulu

Dari sebuah riwayat dikisahkan suatu hari setelah mereka menikah Fatimah berkata kepada Ali “maafkan aku karena sebelum menikah denganmu aku pernah satu kali jatuh cinta pada seorang pemuda dan ingin menikah dengannya”. Ali pun bertanya mengapa ia tak menikah dengan lelaki tersebut dan apakah kini ia menyesal menikah dengan nya, fatimah menjawab dengan tersenyum “pemuda itu ialah dirimu”.

Kisah tersebut ialah kisah Fatimah anak Rasulullah dan Ali yang merupakan sahabat Rasulullah sekaligus menantunya. Mereka saling mencintai dan berusaha dalam diam sambil terus memperbaiki diri dan berikhtiar, hingga akhirnya Allah memberikan cara menemukan cinta sejati dalam islam untuk mereka dengan cara yang terindah dan mereka dapat bersatu dalam ikatan pernikahan yang suci. Pelajari kisah tersebut dan ambil pelajaran darinya.

Demikian tips menemukan cinta sejati dalam islam, semoga dapat menjadi pelajaran yang berharga untuk kita semua dan dapat mencintai serta dicintai dengan cara yang sejati, tentu dengan cara karena Allah.(dalamislam.com/Nanik)

Komentar