1,6 Juta Formasi CPNS 2023, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Avatar of PortalMadura.com
1,6 Juta Formasi CPNS 2023, Simak Syarat dan Cara Daftarnya
1,6 Juta Formasi CPNS 2023, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

PortalMadura.comPemerintah Indonesia akan membuka lowongan untuk calon aparatur sipil negara (CASN) pada tahun 2023 dengan total 1,6 juta formasi untuk dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Banyak masyarakat yang antusias menunggu informasi terkait Seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang akan kembali dibuka tahun 2023 ini. Artikel ini memberikan informasi mengenai waktu pendaftaran , persyaratan, dan tahap pendaftaran.

Syarat Daftar CPNS Sebelum mendaftar CPNS 2023X

Pastikan Anda memenuhi persyaratan umum seperti:

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun saat mendaftar Calon Aparatur Sipil Negara (CASN)
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan dengan penjara 2 tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, TNI, anggota kepolisian, atau pegawai swasta
  • Tidak sedang menjabat sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia

Selain itu, pastikan Anda memiliki dokumen persyaratan seperti fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai dari pihak instansi pendidikan, fotokopi atau scan KTP elektronik, salinan akta kelahiran, surat keterangan, pas foto formal, CV atau daftar riwayat hidup, dan surat pernyataan penempatan di mana pun.

Cara Daftar CPNS 2023

Cara mendaftar CPNS dilakukan melalui situs . Untuk bisa mendaftar CPNS, peserta wajib memiliki akun SSCASN. Setelah itu, calon peserta akan bisa mengikuti alur melalui beberapa tahap seperti:

  1. Daftar Akun Buka portal SSCASN di sscasn.bkn.go.id dan daftar untuk membuat akun SSCASN dengan melengkapi informasi yang diperlukan seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), nomor HP, dan email aktif.
  2. Login Akun Login ke akun SSCASN yang telah terdaftar, lengkapi data diri yang diminta, dan unggah swafoto.
  3. Pilih Jenis Seleksi dan Formasi CPNS Pilih jenis seleksi “CPNS” dan formasi lulusan atau tingkat pendidikan yang dibuka.
  4. Unggah Dokumen Unggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan sesuai ukuran dan format yang ditentukan.
  5. Cetak Kartu Lakukan pengecekan data dan resume, lalu akhiri pendaftaran dengan mencetak kartu informasi akun dan pendaftaran akun.

Jadwal CPNS 2023 Terbaru

Pengumuman penetapan formasi CPNS akan diumumkan pada April 2023. Sedangkan pengumuman pembukaan CPNS dan PPPK 2023 akan dimulai pada kuartal III 2023 atau mulai bulan Juni 2023. Waktu pendaftaran CPNS 2023 belum dipastikan, namun rentang waktu untuk melakukan pendaftaran cukup lama.

Formasi CPNS 2023

Penerimaan CPNS 2023 akan terdiri dari beberapa formasi. Prioritas kebutuhan ASN tahun 2023 yakni untuk mengisi tenaga pelayanan dasar di sektor pendidikan dan sektor kesehatan seperti guru, dosen, perawat, dokter, dan tenaga kesehatan lainnya. Selain itu, pemerintah juga akan membuka ruang penetapan ASN di 2023

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.