2 Cara Cek Oli Mesin Motor Secara Mandiri

Rewriter: Desy WulandariRujukan: liputan6.com
2 Cara Cek Oli Mesin Motor Secara Mandiri
Ilustrasi (Grid.ID)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Menjaga performa motor sangat perlu dilakukan. Salah satunya yaitu dengan melakukan pergantian pelumas atau oli secara rutin. Untuk mengecek oli, biasanya harus dibawa ke bengkel.

Namun ternyata, pengecekan oli bisa dilakukan sendiri. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecek sendiri oli motor. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari laman resmi Suzuki Indonesia, berikut ini penjelasannya:

Tempatkan Motor Di Tempat Yang Rata

Melakukan pengecekan oli motor, yang pertama harus dilakukan adalah mencari tempat atau lokasi yang tepat. Dimaksud lokasi yang tepat di sini adalah lokasi untuk melakukan pengecekan oli pada motor, agar didapatkan hasil sesuai keadaan yang sebenarnya.

Baca Juga:  Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya

Lokasi yang tepat untuk melakukan pengecekan oli motor adalah memilih tempat atau lantai yang rata.

Hal ini bertujuan, agar bisa diketahui kondisi permukaan oli dengan benar, karena dari permukaan oli tersebut akan diketahui kesejajaran oli yang berada di dalam mesin motor.

Parkir Motor Dengan Menggunakan Standar Ganda

Langkah dalam cara mengecek oli motor yang selanjutnya adalah dengan memarkir motor dengan posisi tegak dengan menggunakan standar tengah. Langkah ini bertujuan untuk membuat kendaraan dalam posisi tegak dan sejajar, sehingga posisi permukaan oli dalam mesin juga sejajar.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengetahui keadaan oli apakah masih bisa dan cukup digunakan atau tidak, adalah dengan melihat permukaannya.

Baca Juga:  Jangan Abai, Ini Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor yang Perlu Anda Tahu

Oleh karena itu, posisi permukaan oli juga harus rata, dan syaratnya adalah posisi motor juga harus dalam keadaan sejajar.

Memarkir motor dengan standar samping, akan menyebabkan posisi motor tidak tegak dan sejajar. Apabila motor berada pada posisi tersebut, maka secara otomatis permukaan oli di dalam mesin juga tidak rata atau miring.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.