Jangan Lupa Baca Doa Ini Setelah Tasyahud Akhir, Manfaatnya Luar Biasa

Avatar of PortalMadura.com
Jangan-Lupa-Baca-Doa-Ini-Setelah-Tasyahud-Akhir,-Manfaatnya-Luar-Biasa
Ilustrasi (portaljember.pikiran-rakyat.com)

PortalMadura.Com – Pada dasarnya berdoa diperbolehkan pada saat ibadah-ibadah tertentu, tidak terkecuali saat . Ada salah satu doa yang dianjurkan dan mungkin belum banyak orang yang tahu yaitu setelah .

Tahukah Anda, membaca doa setelah tasyahud akhir sebelum salam termasuk salah satu sunah dalam salat. Dengan kata lain, berdoa sebelum salam dianjurkan karena menambah banyak pahala.

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (26/1/2022) dari laman Republika.co.id, anggota Fatwa Darul Ifta Mesir, Syekh Dr Mahmud Syalaby menyampaikan penjelasan soal boleh tidaknya menyampaikan doa apapun atau sesuatu yang hendak diinginkan setelah bacaan tasyahud akhir dalam salat sebelum salam.

Syekh Syalaby menyampaikan, dalam menyampaikan doa harus pada tempat yang tepat. Di antara waktu yang tepat yaitu berdoa setelah menyelesaikan bacaan tasyahud dalam salat.

Karena itu, dia berpandangan bahwa tidak masalah jika seseorang dalam salatnya, yakni setelah tasyahud akhir, menyampaikan doa atas apa yang diinginkannya, lalu mengucapkan salam.

“Bila Anda berdoa dengan apa yang Allah ﷻ bukakan, dan dengan sesuatu Anda inginkan, kemudian memberi salam, maka ini salatnya sah dan tidak apa-apa jika melakukannya,” tutur dia dilansir laman Elbalad, Selasa (11/1).

Lebih lanjut, Syekh Syalaby juga mengatakan, Nabi Muhammad ﷺ juga biasa memanjatkan doa setelah menyelesaikan bacaan tasyahud akhir (dalam salat), kemudian barulah memberi salam. “Jadi berdoa sebelum salam itu tidak ada salahnya,” jelasnya.

Selain itu, juga terdapat riwayat yang menjelaskan tuntunan berdoa setelah tasyahud akhir sebelum salam.

Dalam hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah RA, Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika salah seorang dari kalian telah bertasyahud hendaknya dia memohon perlindungan kepada Allah dari empat hal, yakni dia mengucapkan:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni audzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnati al-mahya wal-mamati, wa min syarri fitnati al-masiihi ad-Dajali.”

Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal.”

Barulah setelah membaca doa ini, umat Muslim dianjurkan untuk mengucapkan salam. Semoga bermanfaat. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.