oleh

2 Cara Manfaatkan Ubi Jalar untuk Cerahkan Kulit

PortalMadura.Com – Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung nutrisi, mineral, dan phytochemical. Ubi jenis ini memang tidak hanya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, tapi juga punya sejumlah khasiat untuk kecantikan.

Nutrisi yang ada dalam ubi jalar memainkan peran penting dalam memelihara kulit seperti asam Amino, vitamin A, B6, zat berserat C, pati, protein serta antioksidan yang terdapat dalam ubi jalar memberikan solusi untuk mendapatkan kulit bersinar, sehat, dan halus.

Untuk itu, mulai saat ini Anda bisa melakukan perawatan alami dengan memanfaatkan ubi jalar untuk mencerahkan kulit.

Dikutip Okezone.com dari Food and Nutrition, berikut dua cara sederhana menggunakan ubi jalar untuk mencerahkan kulit:

Buat Masker Ubi Jalar

Cara pertama adalah dengan membuat masker dari ubi jalar, madu, dan jus jeruk nipis. Bahan-bahannya antara lain, ubi jalar setengah matang, 1 sendok makan madu, dan 1/2 sendok makan jus jeruk nipis.

Cara membuatnya, cuci dan rebus ubi jalar, giling dan tuang ke dalam mangkuk. Tambahkan satu sendok makan madu dan setengah sendok makan jeruk nipis. Campur bahan tersebut hingga menghasilkan tekstur yang kental. Kemudian, oleskan masker tersebut ke wajah Anda dan diamkan selama 15-20 menit.

Setelah itu, gunakan balok es dan pijat ke wajah Anda untuk meningkatkan sirkulasi darah serta menutup pori-pori yang terbuka.

Baca Juga: 5 Olahan Favorit dari Ubi Jalar yang Menggugah Selera

Buat Jus Ubi Jalar dan Aplikasikan ke Seluruh Tubuh

Ubi jalar juga bisa dibuat jus untuk memanfaatkannya, dengan cara mengaplikasikan ke seluruh tubuh. Bahan-bahannya, 1 buah ubi jalar, 100 ml air. Cara membuatnya, kupas ubi jalar, potong kecil-kecil. Masukan ubi jalar dan tambahkan 100ml air ke dalam blender. Anda juga bisa menggunakan saringan untuk mengurangi residu ampas ubi jalar tersebut saat menuangkannya ke wadah.

Pada saat mandi, gosokkan tubuh Anda dengan jus ubi jalar tersebut dan diamkan selama 1-3 menit. Bilas dengan air hangat. Anda bisa mengulangi prosedur ini dua kali atau tiga kali seminggu, ini akan membantu Anda mendapatkan kulit yang lebih cerah.

Rewriter : Salimah
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE