Cara Rawat Standar Motor Agar Tak Mudah Berkarat

Avatar of PortalMadura.com
Cara Rawat Standar Motor Agar Tak Mudah Berkarat
ilustrasi (gridoto.com/Motorcycle)

PortalMadura.Com – Standar pada motor acapkali dianggap tidak terlalu penting. Sehingga tidak sedikit dari pemilik yang mengabaikan perawatan standar pada kendaraan mereka. Sayangnya, kalau dibiarkan tanpa dirawat komponen ini bisa saja berkarat sampai patah dan tidak bisa digunakan.

Padahal, standar pada motor memiliki fungsi vital agar bisa terparkir atau menopang motor saat sedang berhenti. Terdapat dua pilihan, pengendara bisa menggunakan standar tengah maupun samping.

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mudah merawat , dikutip dari Liputan6.com, Jumat (7/8/2020):

Jaga Kebersihan

Sesaat setelah digunakan melewati genangan air atau jalan berlumpur, segera cuci dan bersihkan dari kotoran yang menempel.

Gunakan Cairan Antikarat

Setelah dicuci dan kering, disarankan untuk menyemprot per standar dengan cairan anti karat, supaya per tidak mudah mengalami korosi. Jangan lupa lumasi bagian as standar untuk memperlancar gerakan standar ketika digunakan.

Baca Juga: Wanita, Ini Cara Mudah Parkir Motor dengan Standar Tegak

Standar Tengah

Sedangkan untuk standar tengah, pemilik harus selalu memperhatikan kondisi per, apakah masih kuat atau sudah melemah. Salah satu tanda per yang sudah lemah biasanya standar tengah akan ikut mengayun saat motor melewati jalanan yang tidak rata. Kalau per sudah melemah, sangat disaranakn untuk segera menggantinya dengan yang baru.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.