oleh

2 Cara Rawat AC Mobil yang Baik dan Benar

PortalMadura.Com – Musim kemarau sudah usai dan kini saatnya musim hujan berganti. Bagi pengendara lalu lintas disarankan untuk berhati-hati dalam berkendara. Tidak lupa juga memerhatikan komponen kendaraan, salah satunya AC mobil.

Sebagian orang memilih untuk mematikan AC saat cuaca dingin. Alasannya, buat apa menggunakan AC jika pada dasarnya suasana sudah dingin. Namun, mematikan AC justru tidak baik untuk komponen AC. Sebab, akan membuat kaca mobil berembun.

Nah di situ Anda perlu untuk menghidupkan AC seperlunya saja agar tidak berdampak buruk bagi mobil itu sendiri. Lalu, bagaimana cara merawat AC mobil agar tetap berfungsi dengan baik setiap saat?.

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (7/2/2020) dari laman Okezone.com, berikut beberapa caranya:

Hindari Membuka Jendela

Dalam keadaan apapun sebisa mungkin jangan membuka jendela baik pada musim hujan maupun musim kemarau. Karena, udara dari luar mobil akan membuat kotoran masuk ke dalam dan membuat masalah pada AC. Misalnya berupa tersumbatnya blower atau kipas dari AC akibat kotoran kecil-kecil yang masuk.

iklan hari santri

Lakukan Pengecekan Filter Secara Rutin

Jika suasana udara di dalam mobil terasa sedikit panas walaupun sudah menggunakan AC sebaiknya untuk melakukan pengecekan filter. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin selama dua minggu sekali supaya kotoran yang ada di dalam AC mobil itu bisa keluar. Udara yang tidak dingin bisa terjadi karena ada kotoran yang terkumpul di sana sehingga udara dingin tidak bisa keluar.

Baca Juga : Efek Buruk Kabut Asap Pada AC Mobil

Caranya, bersihkan filter AC perlahan-lahan hingga bersih. Jangan biarkan banyak kotoran berada di sana karena bisa merusak AC kalau udara dingin tidak bisa keluar dari sumbernya.

Rewriter : Azizah
Sumber : okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.