oleh

2015, Kecelakaan Lalu Lintas di Pamekasan Naik Tajam

PortalMadura.Com, Pamekasan– Jumlah kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) pada tahun 2015 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur tercatat sebanyak 210 kejadian. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 179 kejadian.

Kanit Laka Sat Lantas Polres Pamekasan, Ipda Tamsil menjelaskan, jumlah kecelakaan di jalan raya tahun 2015 mengalami kenaikan sebanyak 31 kasus atau sekitar 17 persen dari tahun 2014.

“Kerugian material tahun 2014 sebesar Rp 550.100.000.- dan tahun 2015 justru menurun yang hanya Rp. 316.350.000. Faktor penyebab laka lantas didominasi oleh kelengahan pengemudi kendaraan bermotor, tidak tertib saat berlalu lintas, dan tata cara berlalu lintas,” ungkapnya, Jum’at (1/1/2016).

Berdasarkan kasus tersebut, pihaknya selalu updating blackspot, kemudian mengarahkan giat patroli pada jam rawan laka pada jalur blackspot. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat tentang tata cara mendahului yang tepat dan lain sebagainya.

“Sosialisasi dikmas lantas dan pemasangan banner himbauan Kamseltibcar lantas. kepada seluruh Kapolsek jajaran dimohon mengoptimalkan kembali kijang 801 & 802 giat patroli pada jam jalur rawan laka,” pintanya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas saat ini masih rendah yang menyebabkan angka kecelakaan bertambah. Bahkan, kecelakaan lalu lintas tersebut sebagian besar terjadi di jalan yang bagus.

“Justru kalau ada jalan rusak itu masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara. Sehingga kecelakaan itu banyak terjadi di jalan bagus, mungkin karena tidak ada rintangan apa-apa,” tandasnya. (Marzukiy/har)


Tirto.ID
Loading...

Komentar