2018, Penerbangan Sumenep-Pagerungan Tinggal Nunggu Izin

Avatar of PortalMadura.com
2018, Penerbangan Sumenep-Pagerungan Tinggal Nunggu Izin
dok. Bandar Udara Trunojoyo Sumenep

PortalMadura.Com, – Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur, berencana membuka jalur perintis dari Bandara Sumenep menuju Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken pada tahun 2018. Rencana itu menyusul telah direstuinya Bandara Pagerungan yang merupakan milik PT Kangean Energy Indonesia (KEI) untuk dimanfaatkan.

“Tahun 2018 kami berencana membuka jalur penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo ke Bandara Pagerungan. Karena bandara milik KEI itu sudah boleh dimanfaatkan untuk penerbangan perintis,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Kamis (15/6/2017).

Menurutnya, sebelum dibuka rute penerbangan perintis itu, pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab untuk mengurus izin terlebih dahulu. Ada dua perizinan yang harus diurus yakni perizinan perubahan status bandara khusus menjadi bandara yang boleh dimanfaatkan untuk kepentingan penerbangan perintis dari Kementerian Perhubungan dan izin pemanfaatan lahan dari Kementerian Keuangan.

“Kalau izin tersebut sudah ada tinggal kami mengusulkan pembukaan rute baru dipenerbangan perintis tersebut. Yang mengurus izin tentunya pemerintah daerah, kami hanya sebatas menjadi konsultan saja,” ucapnya.

Ia menerangkan, pembukaan rute baru ke wilayah kepulauan itu dalam rangka untuk membuka keterisoliran wilayah kepulauan.

“Tujuannya untuk membuka keterisoliran warga kepulauan. Karena selama ini warga kepulauan hanya mengandalkan jalur laut untuk pulang dan pergi,” tegasnya.

Untuk penggunaan pesawat, lanjutnya, rencananya tetap menggunakan pesawat terbang jenis Twin Otter DHAC 300 dengan kapasitas angkut 15 penumpang. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.