2019, HCML Target Produksi Lapangan MDA-MDH Madura

Avatar of PortalMadura.Com
2019, HCML Target Produksi Lapangan MDA-MDH Madura
ist. Bontang LNG Terminal

PortalMadura.Com, – Husky Cnooc Madura Limited () mulai melakukan mobilisasi peralatan produksi untuk pengembangan lapangan .

“Rangkaian kegiatannya itu ada kapal masuk membawa ‘jacket' atau rangka baja yang ditanam di dasar laut sebagai fondasi anjungan. Nah, saat ini kami sedang membawqa ‘jacket' itu dari Cilegon,” kata Community Development Coordinator HCML, Ali Aliyuddin, Sabtu (10/06/2017).

HCML merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) yang beroperasi di Sumenep. Wilayah pengeboran sumur migas MDA-MBH berada sekitar 10 km di sebelah selatan Perairan Sepudi dan , Kabupaten Sumenep, Madura.

“Tahapan berikutnya, setelah ‘jacket' ini berdiri, baru di atasnya dibangun anjungan, kemudian dilanjutkan dengan instalasi pipa bawah laut,” ujar Ali.

Ia memaparkan, seluruh rangkaian proses awal persiapan produksi tersebut direncanakan tuntas pada 2018, termasuk instalasi dan ‘commissioning test' atau pengujian operasional pekerjaan.

“Estimasi optimis kami, tahun 2019 sudah bisa berproduksi, selama tidak ada kejadian luar biasa. Ya mohon doanya saja, semoga semuanya berjalan lancar sesuai rencana,” ucapnya.

HCML sebagai pengelola Lapangan Gas MDA-MBH telah melakukan serangkaian kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sejak 2012. Lokasi pengeboran sumur HCML tersebut berada di lokasi latihan TNI AL.

Hasil produksi sumur MDA- MBH HCML akan disambungkan ke pipa Pertamina East Jawa Gas Pipeline (EJGP) Porong Sidoarjo yang berjarak kurang lebih 200 km dari lokasi pengeboran. Gas yang dihasilkan akan dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan industri pupuk di Jawa Timur. (Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.