2020, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Tingkatkan Kesehatan Mental Anda

Avatar of PortalMadura.com
2020, Lakukan 5 Hal Sederhana Ini untuk Tingkatkan Kesehatan Mental Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga sama saja dengan menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, Anda harus menerapkan gaya hidup yang baik agar bisa membuat kesehatan mental Anda tetap terjaga.

Seperti mengonsumsi makan-makanan yang sehat secara teratur, tidur secara teratur, dan sering berolahraga. Namun setelah Anda melakukan hal tersebut, sudahkah pikiran Anda bebas dari kecemasan atau hal-hal yang kurang baik?.

Dilansir liputan6.Com yang dikutip dari CNN, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Dengan pikiran dan jiwa yang sehat di tahun 2020, tentu Anda punya resolusi menjadi pribadi yang lebih baik.

Nah, coba lakukan lima hal sederhana ini untuk meningkatkan kesehatan mental Anda:

Lebih Optimistis

Mulailah dari sisi positif dari setiap peristiwa yang tejadi pada pola hidup Anda. Hal ini yang akan membuat Anda menjadi lebih sensitif dan peka terhadap lingkungan sekitar.

Menjadi optimis bukan berarti Anda mengabaikan tekanan hidup sehari-hari. Setidaknya, Anda harus percaya jika Anda yang memegang kendali atas nasib dan mempunyai peluang untuk menciptakan hal-hal baik.

Seperti penelitian yang dilakukan seorang ilmuwan saraf dan Direktur Center for Healthy Minds, Richard Davidson, menunjukkan Anda bisa melatih otak Anda supaya lebih positif. “Ada penelitian yang menunjukkan bahwa optimisme sebenarnya dapat ditingkatkan atau dipupuk melalui beberapa jenis pelatihan,” ujarnya.

“Ketika latihan mental hal semacam ini diajarkan kepada orang-orang, maka akan mengubah fungsi dan struktur otak mereka dengan cara yang kami pikir untuk mendukung kualitas positif pada tubuh,” sambungnya.

Menjadi Relawan

Menjadi relawan mungkin salah satu hal yang harus Anda coba di tahun 2020. Membantu orang lain tanpa mengharapkan imbalan juga dapat meningkatkan kesehatan mental atau altruistik.

Aktivitas sebagai relawan ternyata bisa meminimalkan stres dan depresi. Selain itu, dapat mengurangi risiko gangguan kognitif. Bahkan, kegiatan ini juga dapat membantu hidup Anda lebih lama lagi. Semakin banyak Anda memberikan sumbangan kepada anak yatim, hal itu akan meredakan rasa sakit yang mereka rasakan.

Selalu Bersyukur

Jangan lupa selalu terus bersyukur, karena hal ini adalah cara yang terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental yang ada pada diri Anda. Buatlah jurnal harian sebelum tidur, catat setiap pengalaman positif yang Anda miliki hari itu, sekecil apa pun itu.

Salah satu latihan perhatian favorit yang dimiliki Davidson adalah menumbuhkan rasa terima kasih. Hal itu untuk mengingat orang-orang yang ada dalam hidup bahwa Anda telah menerima bantuan dari mereka. Rasa syukur dan berterima kasih akan selalu meningkatkan optimismkesehatan mental yang lebih baik.

Baca Juga : Manfaat Daun Mangkokan, Obat Berbagai Keluhan Kesehatan

Pererat Hubungan Sosial Anda

Seperti yang diungkapkan Psikiater dari Harvard University, Robert Robert Waldinger, bahwa orang-orang yang lebih terhubung secara sosial dengan keluarga, teman-teman, dengan masyarakat di lingkungan mereka, maka mereka akan lebih bahagia, dan secara fisik lebih sehat. Mereka juga akan hidup lebih lama daripada orang-orang yang mempunyai hubungan kurang baik.

Bagi Waldinger, hubungan yang baik membuat Anda lebih bahagia dan lebih sehat. Hal itu bukan berarti harus berada dalam komitmen serius atau memiliki banyak teman, cukup membangun dan mempererat relasi dengan orang-orang terdekat yang menurut Anda baik kepada Anda.

Kualitas hubunganlah yang penting. Pernikahan dengan banyak konflik tinggi, misalnya, tanpa kasih sayang, ternyata sangat buruk bagi kesehatan, bahkan bisa lebih buruk daripada perceraian.

Temukan Tujuan Anda

Psikolog dari University of Pennsylvania, Martin Seligman mengatakan, bahwa Anda bisa mengatur hal-hal yang Anda sukai untuk mencapainya sesuai dengan ambisi Anda. Selain itu, Anda perlu menentukan beberapa tujuan baru yang ingin Anda capai dalam hidup Anda pada 2020.

Martin juga menyebutkan bahwa agama, keluarga, dan tujuan sosial sebagai salah satu bentuk meningkatkan makna dalam kehidupan untuk mencapai tujuan itu. Keterlibatan Anda pada lingkungan sosial juga berpengaruh besar.

Martin menambahkan Anda tidak boleh egois untuk mengejar pencapaian Anda yang berkaitan dengan diri sendiri. Jika itu menjadi satu-satunya tugas Anda, maka hidup menjadi terlalu stres, bahkan bisa menyebabkan kesepian.

Itulah beberapa hal sederhana yang perlu Anda coba untuk meningkatkan kesehatan mental di tahun 2020. Semoga bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.