oleh

8 Khasiat Menakjubkan Bawang Merah Untuk Kecantikan Kulit

PortalMadura.Com – Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah cita rasa pada masakan. Biasanya bumbu dapur ini digunakan untuk beragam jenis masakan, mulai dari hidangan yang berkuah, hingga yang kering sekalipun.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam bawang merah banyak manfaatnya, salah satunya bagi kecantikan. Bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit di wajah, seperti halnya noda hitam, meningkatkan kesehatan kulit, dan lainnya.

Kandungan vitamin, antioksidan, mineral, serta senyawa sulfur yang terdapat di bawang merah sangat bermanfaat bagi kecantikan. Untuk memanfaatkannya Anda bisa meminumnya dengan dijadikan sebagai jus.

Berikut delapan manfaat bawang merah bagi kecantikan yang harus Anda ketahui, dilansir PortalMadura.Com Jumat (21/2/2019) dari laman Liputan6.com:

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Di dalam bawang merah mengandung sulfur yang mampu menjaga kulit menjadi lebih muda. Cara mengaplikasikannya, cucilah wajah Anda di pagi hari dengan air seduhan yang sudah dikupas, setelah itu Anda bisa merasakan sendiri bagaimana manfaatnya.

Menjadikan Kulit Wajah Lembut dan Cerah

Selain bisa meningkatkan kesehatan kulit, bawang merah juga bisa menjadikan kulit wajah lembut dan cerah. Caranya, Anda dapat mencampurkan jus bawang merah dengan air, lalu jadikan masker di wajah Anda. Selanjutnya cuci wajah dengan air mawar.

Fungsi Bawang merah di sini akan membantu membuka pori-pori wajah Anda, sementara air mawar bisa membersihkan dan menutup pori-pori.

Mengatasi Noda Hitam

Manfaat bawang merah selanjutnya bisa mengatasi nota hitam pada wajah. Caranya, gunakan masker bawang merah pada wajah selama 15 menit, lalu cuci wajah dengan air kelapa. Air kelapa akan bereaksi dengan kadar asam pada bawang, yang dapat membantu menghilangkan permasalahan pada kulit wajah seperti noda hitam.

Baca Juga : 5 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

Menjadikan Kulit Lebih Memesona

Selanjutnya, manfaat bawang merah bisa menjadikan kulit lebih memesona. Caranya, cuci wajah Anda terlebih dahulu dengan susu yang didinginkan. Kemudian bersihkan wajah dan keringkan.

Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan masker bawang merah, biarkan beberapa menit, lalu bersihkan. Cara seperti ini akan memberikan manfaat bawang merah bagi kecantikan dengan membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah Anda lebih memesona.

Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan sulfur dalam bawang merah mampu membantu memproduksi jaringan kolagen yang mendukung pertumbuhan rambut dan mampu menjaga kesehatan rambut. Caranya, oleskan bawang merah yang telah dihaluskan ke kulit kepala. Diamkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan sampo yang berkomposisi ringan.

Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut juga bisa diatasi dengan menggunakan bawang merah. Dengan cara, cukup siapkan merica, bawang merah, dan garam, haluskan semua bahan-bahan tersebut hingga menjadi pasta. Lalu aplikasikan pada rambut, diamkan campuran ini selama 15 menit dan lakukan dalam empat hingga lima kali dalam seminggu.

Mengatasi Ketombe

Mencampurkan jus bawang merah dengan perasan lemon, buttermilk, dan madu dipercaya dapat membantu mengobati ketombe. Caranya, cukup oleskan campuran bahan-bahan tersebut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo anti ketombe ringan.

Mengatasi Infeksi Kulit Kepala

Bawang merah juga mampu mengatasi infeksi kulit kepala. Dengan cara, cukup mengaplikasikan jus bawang merah ke kulit kepala Anda. Lakukan pijatan ringan. Diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air biasa.

Itulah berbagai manfaat bawang merah, semoga bermanfaat!

Rewriter : Azizah
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar