3 Alasan Gunakan Sabuk Pengaman Ketika Berkendara

3 Alasan Gunakan Sabuk Pengaman Ketika Berkendara
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sabuk pengaman merupakan sebuah alat yang dirancang untuk menahan seorang penumpang mobil atau kendaraan lainnya agar tetap di tempat apabila terjadi kecelakaan atau bila kendaraan itu berhenti mendadak. Alat keselamatan ini wajib ada dan digunakan oleh pengemudi atau penumpang.

Meskipun wajib digunakan, namun masih banyak penumpang atau pengemudi yang menyepelekan penggunaan sabuk pengaman. Terkadang hanya digunakan pada saat berpapasan dengan pihak kepolisian agar tidak ditilang. Padahal, sabuk pengaman memiliki fungsi penting bagi penggunanya.

Berikut beberapa alasan sabuk pengaman harus selalu digunakan, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang mengutip dari Garda Oto.

Menjaga Keselamatan Pengemudi

Manfaat pertama dari sabuk pengaman ialah menjaga keselamatan pengemudi selama berkendara dan menjaga tubuh tidak terhempas ke depan jika terjadi kecelakaan dengan hantaman keras.

Baca Juga:  Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya

Baca Juga: Begini Cara Mudah Bikin Sabuk Pengaman Mobil Anda Bebas Bau Apek

Menjaga Fokus Ketika Berkendara

Manfaat berikutnya yakni menjaga pengemudi dan penumpang untuk tetap fokus serta menjaga posisi duduk tetap nyaman selama mengemudi. Hal ini dikarenakan posisi tegak dengan pandangan lurus ke arah jalan merupakan yang terbaik saat mengemudi.

Posisi duduk tegak juga dapat menghindarkan pengemudi dan penumpang dari rasa lelah setelah berkendara.

Terhindar dari Pelanggaran UU Lalu Lintas

Dengan menggunakan sabuk pengaman, pengemudi sudah mematuhi peraturan dan terhindar dari pelanggaran hukum.

Sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pasal 106 ayat 6, setiap orang yang mengemudikan kendaraan beroda empat atau lebih di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk pengaman.

Baca Juga:  Audio Mobil Tak Keluar Suara, Ini 4 Sebabnya

Apabila melanggar, pengemudi dan penumpang akan dihukum dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.