3 Alasan Puasa Bikin Awet Muda

Avatar of PortalMadura.com
3 Alasan Puasa Bikin Awet Muda
Ilustrasi (BantenNews.co.id)

PortalMadura.Com – Berpuasa seharian mulai dari terbit fajar sampai tenggelamnya matahari memang sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Tapi siapa sangka, di balik itu semua ternyata puasa diyakini mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya itu, puasa juga dipercaya mampu membuat seseorang . Bagaimana bisa?. Nah, untuk mengetahui kejelasannya, alangkah baiknya baca uraian di bawah ini:

Puasa Bikin Tubuh Berkesempatan untuk Detoksifikasi
Puasa yang Anda lakukan selama 13 hingga 14 jam ini memberi kesempatan bagi tubuh untuk melakukan detoksifikasi, menurunkan inflamasi atau radang, dan melawan obesitas.

“Sudah banyak penelitian, dalam kondisi kita puasa atau mengurangi makan dan minum lebih dari 13 jam makan sel-sel kita melakukan proses pembersihan. Sebab kalo tidak ada jeda makan dan minum pembersihan justru tidak berjalan optimal, justru membuat sel menjadi loyo,” ujar Ahli gizi, Prof. Hardinsyah, MS, PhD. selaku Ketua PERGIZI Pangan Indonesia.

Puasa Memungkinkan Regenerasi Sel
“Ketika tubuh kekurangan makanan, maka ada sistem di tubuh kita yang melakukan efisiensi. Dimakan sendiri oleh tubuh, itu disebut degan autophagy. Ketika dimakan, maka sel-sel dan zat 9 beracun itu akan pecah menjadi komponen asli zat gizi, asam amino, vitamin, dan mineral. Itu digunakan sebagai tambahan gizi ketika berpuasa,” paparnya.

Setelah pembersihan, munculah sel-sel baru. Hal inilah yang membuat awet muda.

Fasting Diet, Puasa yang Menjadi Tren di Negara Maju
Tren puasa untuk kesehatan tubuh yang diberi nama fasting diet ini dilakukan oleh negara-negara seperti Amerika Serikat dan Eropa. Dengan pola yang berbeda.

“Kalau orang Amerika atau Eropa jangka waktunya tertentu seperti 2 kali seminggu. Atau sehari puasa sehari tidak selama seminggu,” ujar Prof. Hardisyah.

Fasting sendiri artinya menahan diri terhadap satu jenis makanan atau minuman dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga : 4 Khasiat Tersembunyi Puasa Bagi Kecantikan Kulit

Fasting diet ini benar-benar sedang tren di negara maju,” tutupnya.

Jadi, sudah jelas bukan kalau puasa memang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan, tetapi juga kecantikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.