3 Cara Ajari Si Kecil Berpuasa dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Ajari Si Kecil Berpuasa dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajari si kecil di luar rutinitas yang biasanya memang cukup sulit. Salah satunya mengajarkan anak puasa sejak dini. Sama halnya seperti belajar di sekolah, puasa pun harus dilakukan anak secara berjenjang.

Menurut Ustazah Aini Aryani, LC, cara pertama, orang tua juga perlu menjadi contoh bagi anak. “Cara mengajarkan anak berpuasa pastinya harus dicontohkan oleh orang tuanya. Kalau orang tua enggak ikut puasa pasti anak enggak akan puasa. Kenapa?. Karena anak itu peniru ulung. Melihat orang tuanya daripada mendengarkan,” ujarnya.

Kedua, lanjut Ustazah Aini, sedari dini anak diajari tentang berpuasa. Ajarkan bahwa puasa adalah ibadah kepada Allah.

“Diajarkan, ‘Kita kan udah dikasih kenikmatan sama Allah, masa sih kita enggak mau beribadah kepada Allah,” tuturnya.

Ketiga, beri anak motivasi. Misalnya, anak diberi tahu kalau kakak atau adik puasa nanti sekolah jadi lebih lancar dan mudah melakukan ibadah yang lain, seperti salat dan bersedekah.

Baca Juga: Orang Tua, Ini 4 Manfaat Puasa Ramadan Bagi Si Kecil

“Orang puasa yang susah aja kamu bisa, pasti ibadah lainnya seperti salat kamu bisa. Terus ajari anak bersyukur, ‘Kakak bisa bicara, lihat gara-gara Allah. Kalau Kakak mau bersyukur caranya bisa lewat beribadah, melakukan kewajiban yang diperintahkan Allah,’” tambahnya.

Dalam Islam, anak diajarkan mulai beribadah dari usia 7 tahun. Akan tetapi, perlu orang tua ingat, anak tidak boleh dipaksa. Misalnya, si kecil puasa lalu jam 12 sudah lapar, jangan paksa anak meneruskan puasanya. Karena bila anak dipaksa, si kecil justru bisa berbohong.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.