3 Cara Atasi Nafsu Syahwat Dalam Islam

  • Bagikan
Lawan nafsu syahwat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua manusia pasti menginginkan sesuatu dalam hidupnya dan hal itu wajar karena memiliki nafsu. Keinginan tentunya bermacam-macam, seperti memiliki harta, bahkan keinginan untuk memenuhi nafsu syahwat.

Nafsu syahwat bisa menjerumuskan seseorang ke lubang kemaksiatan, bahkan hal itu bisa terjadi pada pasangan yang sudah menikah sekalipun. Karena setan yang selalu menggoda untuk menjerumuskan manusia ke neraka. Lantas bagaimanakah cara untuk mengalahkan nafsu syahwat yang ditimbulkan oleh godaan setan?

Lakukan tiga cara ini:

Doa
Doa sesungguhnya menjadi senjata bagi kaum muslimin, sebab dengan berdoalah seseorang menjadi lebih dekat kepada Allah.

Puasa
Ketika begitu banyak godaan dari setan yang menjerumuskan manusia ke dalam kemaksiatan. Sebisa mungkin Anda harus bisa melawannya, salah satu caranya yaitu dengan berpuasa. Ketika seorang muslim hendak menikah, akan tetapi ia belum mampu. Maka solusi yang tepat bagi dirinya agar terjaga dari kehinaan ialah dengan berpuasa. Puasa mendidik manusia untuk lebih bersabar, dan tahan dalam menghadapi hawa nafsu.

Menjauhi Dosa Kecil
Banyak kaum muslim yang mungkin menyepelekan hal ini. Mereka banyak yang hanya menghindari dosa besar saja, padahal jika ditelaah dosa kecil juga bisa berpotensi menjadi dosa besar apabila dilakukan terus menerus. Selain itu, dosa kecil juga menjadi media bagi setan untuk lebih menyesatkan manusia.

Allah berfirman: “Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (taat),” (QS. Al A’raf: 17).

Ketiga hal itulah yang bisa Anda lakukan agar nafsu syahwat Anda tidak begitu membelenggu diri Anda. Cobalah untuk menahan nafsu dengan melakukan tiga hal itu. Jangan selalu mengikuti keinginan setan yang sudah jelas akan membawa pada jurang kesengsaraan. Lawan godaannya dan dekatilah Allah, agar Anda terlindungi. (islampos.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.