3 Cara Bikin Ban Tubeless Lebih Tahan Lama

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Bikin Ban Tubeless Lebih Tahan Lama
Ilustrasi

PortalMadura.Com menjadi salah satu teknologi yang berkembang di dunia otomotif saat ini. Tidak heran jika motor keluaran sekarang hampir semuanya sudah menggunakan ban jenis tubeless.

Tahukah Anda, ban tubeless memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan jenis tube dengan ban dalam. Selain memiliki sistem yang baik, pemilik kendaraan juga tidak perlu khawatir tekanan anginnya akan berkurang.

Sebab, ban jenis tubeless didesain untuk mencegah berkurangnya angin pada ban. Bahkan, tekanan yang sama pada ban tubeless bisa bertahan hingga 3 bulan tanpa perawatan khusus.

Lalu, bagaimana caranya agar ban jenis itu bisa awet digunakan?.

Dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari Federal Oil, berikut cara mudah membuat ban tubeless motor lebih tahan lama:

Mengisi Angin Pakai Nitrogen

Langkah pertama yang disarankan bagi pemilik motor ialah mengisi angin menggunakan nitrogen. Pasalnya, angin nitrogen dipercaya mampu mengurangi panas saat ban digunakan dalam waktu yang lama dan kecepatan tinggi di jalan.

Tidak hanya itu, pengisian nitrogen juga dinilai berguna untuk mencegah kerusakan pada ban tubeless. Jadi, dibandingkan dengan angin biasa, nitrogen bisa lebih bertahan lama sehingga sangat optimal menjaga tekanan ban meski digunakan setiap hari.

Memerhatikan Tekanan Ban

Selain itu, perhatikan tekanan ban yang dibutuhkan sepeda motor. Biasanya petugas yang mengisi tekanan angin nitrogen menggunakan alat yang dapat disesuaikan dengan keinginan pemilik kendaraan dan anjuran pabrikan.

Seal

Dalam ban tubeless terdapat sebuah pelindung atau seal, yang berguna untuk mencegah angin dan udara keluar. Nah, seal inilah yang mampu membuat ban terisi angin tanpa adanya ban dalam.

Apabila suatu waktu terjadi kondisi di mana ban tersebut bocor, maka untuk menambal dan memperbaiki kebocoran ban tubeless, cara dan peralatan yang digunakan sangat sederhana, yakni menusukkan karet tambal ke tempat yang mengeluarkan angin.

Baca Juga : Guys, Ini 4 Keunggulan Ban Tubeless yang Perlu Anda Ketahui

Hal ini berguna untuk melindungi seal antara pelek dan ban tetap terjaga sehingga ban tubeless Anda pun menjadi lebih awet dan tahan lama digunakan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.