3 Cara Cepat dan Aman Keringkan Smartphone yang Terkena Air

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Cepat dan Aman Keringkan Smartphone yang Terkena Air
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sejumlah daerah di Indonesia sampai saat ini masih tetap diguyur hujan. Kendati demikian, hujan merupakan rezeki dari Allah SWT yang patut disyukuri. Meski ada beberapa orang yang merasa direpotkan dengan hadirnya hujan dari atas langit.

Salah satu alasannya, karena terkadang smartphone yang selalu dibawa di dalam kantong bisa saja basah terkena hujan yang mengguyur. Lalu, bagaimana cara mengeringkan ponsel dengan cepat dan aman?.

Dilansir dari Solopos.com, Jumat (14/2/2020), beberapa cara bisa dilakukan untuk mengeringkan smartphone. Namun yang terpenting, smartphone sebaiknya dimatikan saat terkena air, terutama untuk smartphone yang memang tidak tahan air, karena hal ini bisa menyebabkan hubungan pendek arus listrik.

Baca Juga: Penting, 6 Cara Pertolongan Pertama Pada Smartphone yang Terkena Air

Nah, berikut ini tiga cara mengeringkan smartphone secara cepat dan aman:

Rendam di Beras

Beras mampu menyerap air yang membasahi smartphone. Merendam smartphone basah ke beras adalah salah satu cara paling populer. Sebelum merendam ponsel yang basah ke beras, cobalah untuk mengeringkannya dengan kain kering dan bersih terlebih dahulu. Kemudian, rendam ponsel dengan beras dalam kurun waktu satu hari. Setelah benar-benar kering, baru aktifkan ponsel.

Menggunakan Pengering Rambut

Pemilik smartphone bisa menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Udara panas pada alat tersebut dapat mengenai celah-celah basah dan lembap yang sulit dijangkau.

Lepaskan Baterai Lalu Jemur

Mengeluarkan baterai juga merupakan ide yang bagus. Baterai ponsel biasanya tidak terpengaruh oleh air karena sirkuit listriknya tertutup. Namun, daerah sekitarnya dapat terpengaruh. Misalnya, konektor baterai bisa terkorosi karena keberadaan air.

Selain itu, baterai juga dapat membatasi dan menghambat proses menghilangkan atau mengeringkan kelembapan dari area yang terkena, khususnya yang paling rentan terhadap kerusakan. Setelah baterai dilepas, smartphone bisa dijemur beberapa saat. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.