oleh

3 Cara Istiqomah dalam Berhijrah

PortalMadura.Com – Hijrah yaitu berpindah dari satu tempat ke tempat lain, namun kini seiring dengan berkembangnya zaman, pengertian hijrah ini juga menjadi luas. Menelisik fenomena hijrah yang tengah begitu ramai dilakoni para generasi muda. Apakah sebetulnya memang yang namanya hijrah itu gampang untuk dilakukan? Sebetulnya hijrah ini susah-susah gampang. Akan jadi lebih mudah jika memang bersamaan dengan hidayah yang datang dari Allah SWT.

Ada keinginan untuk hijrah, bukan hanya sekadar keinginan tapi juga hidayah dari Allah dan harus berusaha bisa hijrah, di sisi lain Allah SWT yang menentukan setelahnya. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (13/9/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari beberapa sumber, para anak muda yang ingin berhijrah dan istiqomah di jalan Allah sekaligus bisa membentengi diri dari paham radikalisme, lakukan beberapa hal ini:

Selamat Ibadah Puasa

Harus Berlatih Diri

Diawali karena mengikuti orang lain atau idola itu boleh. Namun, hakikatnya tetap harus berlatih diri, agar hijrah yang dilakukan itu semata-mata ikhlas hanya untuk Allah. Bukan sekedar gengsi atau ikut-ikutan tren, tapi benar-benar karena ingin kembali pada Allah SWT.

Baca Juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Sumenep Pimpin Bersih-bersih Pantai 

Menimba Ilmu dari Guru yang Jelas Kredibelitasnya

Selain belajar otodidak, belajar langsung dari guru juga sangat diperlukan, namun pilih guru yang kredibelnya jelas. Bisa juga dengan rajin mendatangi ceramah atau kajian, dengan catatan bukan kajian atau ceramah yang keliru. Kajian yang baik yaitu ceramah yang tidak pernah mencaci maki, dan tidak memfitnah.

Mencari Guru dan Referensi Sebanyak-banyaknya

Tidak hanya mencari seorang guru. Alangkah baiknya untuk mencari guru dan referensi sebanyak-banyaknya, agar tidak merasa benar seorang diri.

 

Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar