IPTEK  

3 Cara Jitu Atasi Internet Lemot pada Android

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Jitu Atasi Internet Lemot pada Smartphone Android

PortalMadura.Com – Saat ini, smartphone Android dan internet merupakan suatu yang tidak bisa dilepaskan. Kehadiran smartphone Android tak dimungkiri turut mendorong penggunaan internet secara masif. Sebab, hal tersebut merupakan suatu kebutuhan tersendiri yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan. Bahkan, sejumlah laporan mencatat akses internet melalui perangkat mobile terus meningkat setiap tahun. Namun sayangnya, pengguna smartphone Android tidak selalu mendapatkan akses internet yang mumpuni.

Selain kondisi jaringan, ada sejumlah faktor lain yang kadang membuat akses internet tidak optimal. Salah satunya adalah pengaturan di browser maupun performa smartphone Android. Tak usah bingung, berikut beberapa cara untuk mempercepat akses internet dengan melakukan peraturan di smartphone.

Blokir Iklan
Salah satu cara untuk mempercepat akses internet adalah menghapus iklan yang muncul saat mengakses sebuah situs.

Alasannya, iklan ternyata dapat menyedot kuota internet cukup banyak, sehingga waktu muat juga lebih lambat.

Oleh sebab itu, memblokir tampilan iklan yang tampil di sebuah situs merupakan salah satu cara untuk mempercepat akses internet di smartphone Android.

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan peramban yang biasanya memiliki fitur ad blocker. Cara lain yang dapat dilakukan adalah memasang aplikasi pemblokir iklan terpisah.

Kompres Gambar
Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan fitur Data Saving yang sudah tersedia di sejumlah browser. Selain menghemat kuota internet, fitur ini dapat mempercepat akses internet Anda.

Lewat fitur ini, peramban biasanya akan mematikan proses pemuatan gambar alias mengompres gambar menjadi ukuran lebih kecil. Dengan demikian, proses loading sebuah situs akan menjadi lebih cepat.

Hapus Cache
dapat berfungsi. Seiring waktu digunakan, aplikasi ini akan menyimpan cache yang memiliki ukuran besar.

Jumlah itu tentu akan memberatkan performa smartphone dan membuat proses pemuatan data menjadi berat. Karenanya, menghapus cache aplikasi secara rutin dapat menjadi solusi mempercepat akses internet.

Selain melakukan penghapusan secara manual, kamu dapat memanfaatkan aplikasi pembersih cache yang banyak tersedia di Play Store.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mempercepat penggunaan internet di smartphone Android Anda. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.