oleh

3 Cara Memahami Orang Lain yang Belum Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Orang yang memahami orang lain adalah orang yang telah kenal dengan dirinya sendiri. Orang yang kenal dengan dirinya sendiri adalah orang yang kenal dengan ‘Tuhannya’. Dan orang yang kenal dengan Tuhan adalah orang yang ‘Benar’ bukan orang ‘Baik’.

Pernahkah Anda merasa tidak bisa memahami orang lain? Apa lagi ketika komunikasi yang terbangun tidak begitu lancar. Biasanya, hal ini terjadi dalam setiap jenis hubungan. Baik hubungan asmara, keluarga, dan persahabatan. Bagi sebagian orang, memahami orang lain memang tidak mudah.

Meski hal ini terlihat masalah sepele, namun bisa menimbulkan masalah lain, terutama menjalin hubungan dengan orang lain. Pasalnya, tidak semua komunikasi terjalin lewat kata-kata. Bahasa tubuh dan raut wajah juga merupakan bagian dari cara orang berkomunikasi.

Untuk itu, penting sekali bagi Anda mempelajari bagaimana caranya memahami orang lain. Sehingga komunikasi dapat berjalan dengan lancar dan kamu bisa saling memahami satu sama lain dengan orang-orang terkasih. Berikut ini ada beberapa cara memahami orang lain. Seperti apa, simak dibawah ini.

Pesan yang Tidak Diucapkan
Ada begitu banyak cara menyampaikan pesan kepada komunikan. Untuk memahami orang lain, terutama orang-orang terdekat, cobalah untuk mempelajari bahasa yang tidak mereka ucapkan. Seperti gestur tubuh, reaksi terhadap sesuatu, dan juga raut wajah. Dilansir fimela.com dikutip dari laman Huffington Post, setiap orang memiliki bahasa yang tidak mereka ucapkan. Sehingga, Anda harus mempelajarinya dari masing-masing orang.

Bayangkan Dirimu Menjadi Dia
Selain itu, Anda juga bisa memposisikan dirimu di posisi orang tersebut. Apa yang akan Anda rasakan? Bagaimana perasaanmu? Dan yang terpenting, bagaimana Anda akan beraksi terhadap suatu hal.

Toleran
Memahami gestur dan menempatkan dirimu di posisi orang lain belum juga cukup untuk bisa memahami orang lain. Karena setiap orang memiliki moral, nilai, dan kepercayaan yang berbeda-beda. Sehingga reaksi mereka terhadap sesuatu bisa jauh berbeda. Jika Anda melihat hal ini, cobalah untuk lebih toleran terhadap orang lain.

Jadi, itulah 3 cara yang untuk belajar bagaimana memahami orang lain. Tentu saja untuk memahami orang lain, Anda akan membutuhkan banyak waktu. Namun, dengan meningkatkan toleransi, perlahan-lahan Anda akan bisa memahami orang lain. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat mencoba.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar