3 Cara Menyenangkan Maksimalkan Bakat Si Kecil

Avatar of PortalMadura.com
3 Cara Menyenangkan Maksimalkan Bakat Si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas orang tua sering kali memerhatikan keseharian si kecil. Biasanya, hal-hal yang sering dilakukan anak cenderung menunjukkan bakatnya di kemudian hari. Misalnya, ketika si kecil lebih tertarik ke musik, mungkin anak akan memiliki minat lebih di bidang tersebut.

Untuk itu, coba Anda perhatikan kesukaan anak setiap harinya, kesenangan anak mengarah ke bidang apa?. Dari analisa tersebut, Anda pun dapat mengasah bakatnya sejak awal agar lebih maksimal. Caranya pun bermacam-macam, bisa dengan memberinya les tambahan atau ikut kursus sesuai dengan minatnya.

Nah, berbicara soal potensi atau bakat anak memang akan berbeda satu dengan lainnya. Sebagai orang tua, Anda bertugas untuk membuat potensi sang anak lebih ‘bersinar’. Berikan dukungan dengan memfasilitasi apa yang dibutuhkan anak untuk mengembangkan bakat terpendamnya.

Sebagaimana Psikolog Intan Erlita mengatakan, kalau bakat atau potensi, sebenarnya ada yang bersifat bawaan dari lahir atau keturunan. Seperti pada keluarga penyanyi yang menurunkan bakat ke anak-anaknya. Memang tidak sepenuhnya anak jadi pintar menyanyi, dan tidak ada jaminan juga menjadi penyanyi seperti orang tuanya. Tetapi yang perlu dipahami, bakat tersebut bisa diturunkan ke anaknya yang ternyata memiliki suara merdu.

Bakat ini akan semakin menonjol ketika dilatih. Namun, bakat bawaan akan menjadi biasa-biasa saja jika tidak pernah dilatih dengan rutin.

“Bisa menyanyi saja ya sudah cukup. Berbeda dengan orang yang mungkin tidak mempunyai bakat tersebut dari lahir, tapi berlatih tekun dan rajin. Bisa jadi orang tersebut justru lebih sukses dari mereka yang memiliki bakat,” tutur Intan.

Potensi atau bakat memang harus selalu dipoles untuk mendapatkan hasil yang gemilang. Terlepas dari apa pun potensi yang dimiliki anak, tentu Anda dapat mengarahkannya sesuai dengan kebutuhan si kecil.

“Untuk para orang tua yang sudah bisa melihat bakat yang dimiliki anak, sebaiknya bisa langsung melatih agar bakat yang dimiliki anak bisa menjadi sebuah prestasi. Tetapi harus dipahami juga bahwa bakat akan menjadi prestasi dengan sebuah proses pembelajaran dan latihan,” tambahnya.

Baca Juga: Tabloid Indonesia Barokah Ternyata Sudah Ada yang Dikirim ke Pondok Pesantren di Pamekasan

Memaksimalkan potensi atau bakat anak harus dilakukan dengan support positif. Tapi ingat, jangan menekan agar anak tidak bosan dan trauma saat mencobanya berulang-ulang.

Nah, berikut ini tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan potensi buah hati Anda:

Habiskan Waktu Berkualitas Sebanyak Mungkin
Orang tua merupakan guru pertama bagi anak. Kekuatan Ayah dan Ibu sangatlah memengaruhi keputusan anak. Mereka cenderung mencintai apa yang orang tuanya sukai.

Jadi, mulailah dengan membuat kegiatan yang menyenangkan untuk mendekatkan diri pada anak-anak, dan memotivasi mereka mengejar bakatnya. Semakin banyak waktu yang dihabiskan bersama, semakin orang tua mengetahui apa kegiatan yang mungkin anak sukai.

Selalu Memberikan Support
Setelah mengetahui kegiatan yang disukai anak-anak, langkah selanjutnya yakni menindaklanjuti. Berikan support bagi anak untuk terus melakukan apa yang si kecil sukai dan beri pujian pada kemajuan yang telah diraihnya.

Berikan Anak Ruang Lebih
Selain televisi dan gadget, sediakan sebanyak mungkin alat lainnya untuk anak-anak. Membiarkan anak-anak bercengkerama dengan berbagai hal, akan membantu mereka memperluas wawasan dan mendorongnya untuk mengejar bakat mereka. (haibunda.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.