oleh

3 Cara Pilih Sampo yang Benar untuk Rambut Kering

PortalMadura.Com – Ada beberapa masalah rambut yang sering dikeluhkan oleh seseorang, mulai dari rambut berketombe, bercabang, rontok, sampai dengan kering sehingga tampak kusut dan susah diatur.

Berbicara tentang rambut kering, normalnya hal ini disebabkan karena kurangnya kelembapan pada kulit kepala. Akibatnya, rambut akan tampak kusam dan keriting.

Perlu Anda tahu, apabila rambut Anda sehat, minyak alami pada lapisan luar membantu melindungi lapisan dalam. Sedangkan ketika rambut Anda kering, lapisan terluar rambut menjadi rusak sehingga warnanya terlihat kusam dan tidak sehat.

Oleh karena itu, kelempaban rambut adalah salah satu elemen penting dari rambut yang sehat dan berkilau. Caranya, Anda perlu memilih sampo khusus untuk rambut kering.

Untuk dapat mendukung impian tersebut, berikut kenali beberapa bahan yang dipercaya baik untuk rambut kering, seperti dilansir PortalMadura.Com dari laman Hellosehat.com:

Sampo dengan pH Rendah

Sebelumnya, mungkin Anda tidak memerdulikan berapa jumlah pH yang tertera di sampo tersebut. Padahal, sampo dengan kandungan pH rendah baik digunakan untuk Anda yang memiliki rambut kering.

Sebagaimana menurut sebuah penelitian dari International Journal of Trichology, pH yang terlalu tinggi dapat meningkatkan muatan listrik negatif pada permukaan rambut. Akibatnya, gesekan antar serat rambut semakin banyak.

Hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan kutikula dan serat yang mungkin membuat rambut terlihat lebih kusut. Oleh karena itu, sampo dengan pH yang lebih rendah, yaitu tidak lebih dari 5,5 cocok untuk rambut kering.

Selain itu, pH sampo yang rendah juga membantu menjaga kelembapan rambut sehingga membuatnya tidak tampak kering dan kusam.

Minyak

Semakin banyak kandungan minyak pada sebuah sampo, peluang untuk membuat rambut berkilau juga semakin tinggi. Hal ini akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki rambut kering.

Minyak alpukat dan zaitun dipercaya sejak dulu bisa membuat rambut lebih lembut dan tampak berkilau. Hal ini juga dibuktikan melalui sebuah penelitian dari International Journal of Trichology.

Para peneliti sepakat bahwa beberapa minyak nabati bisa mencegah kerusakan pangkal rambut dan mengurangi risiko rambut patah. Bahkan, kandungan minyak dalam sebuah sampo juga dapat menembus lapisan rambut dan mengurangi jumlah air yang terserap.

Hal ini dapat menurunkan risiko rambut terlihat mengembang. Ini karena kelembapannya tetap terjaga berkat minyak di dalam sampo yang ditujukan untuk rambut kering.

Kandungan Alkohol Tertentu

Jenis alkohol tertentu tidak mempunyai muatan listrik yang bisa membuat rambut tampak lebih kusut. Beberapa jenis alkohol dalam sebuah produk perawatan rambut tidak akan mengubah senyawanya dalam larutan air karena sifatnya tidak dapat dipisahkan, alias hidrofilik.

Ini dia beberapa jenis alkohol yang bisa Anda lihat dalam sampo yang cocok untuk rambut kering.

– Cetearyl alkohol
– Cetyl alkohol
– Stearyl alkohol

Apabila Anda masih bingung mengingat ketiga jenis alkohol tersebut, Anda bisa mengenali jenis alkohol ini dengan huruf depan ‘C’ dan ‘S’. Dengan mengingat huruf depannya, kemungkinan Anda lebih mudah ingat.

Baca Juga : Ini Dia 4 Cara Atasi Rambut Kering yang Susah Diatur

Itulah beberapa cara memilih sampo yang benar bagi pemilik rambut kering.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE