3 Cara Tingkatkan Performa Mesin Mobil Diesel

Avatar of PortalMadura.com
3-Cara-Tingkatkan-Performa-Mesin-Mobil-Diesel
Ilustrasi (cetbang.com)

PortalMadura.Com – Baru-baru ini kembali populer setelah sebelumnya sempat tertinggal. Ada banyak keunggulan yang dihasilkan dari karakter mesin ini daripada mobil yang menggunakan bahan bakar bensin. Selain soal tenaganya, untuk melibas segala medan mobil jenis ini juga bisa diandalkan.

Apalagi ketika musim hujan, di mana jalanan akan ada genangan air atau bahkan banjir, mobil melewati medannya. Tapi walaupun demikian, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar mesin tersebut tetap memberikan performa yang luar biasa saat dibutuhkan.

Dilansir PortalMadura.Com, Jumat (9/7/2021) dari laman Liputan6.com, berikut 3 tips mobil diesel yang harus Anda pahami agar mesin tersebut dapat memaksimalkan performanya:

Gas dengan Perlahan

Hal ini perlu diperhatikan karena karakter mesin diesel biasanya tidak bisa secara spontan digas. Untuk memberikan performa yang maksimal, biasakan untuk menekan pedal gas secara perlahan.

Perlakuan menekan gas secara penuh pada rpm awal, justru akan memberikan hasil yang kurang baik untuk mesin tersebut. Di samping itu, teknik ini juga akan memberikan dampak pada efisiensi bahan bakar.

Jangan Matikan Mesin Sembarangan

Untuk hal yang satu ini kerap dilakukan oleh pemilik mobil bermesin diesel. Mereka sering langsung mematikan mesin ketika sudah sampai tujuan. Padahal, kebiasaan seperti ini tidak baik untuk kesehatan mesin diesel.

Agar mesin diesel turbocharger Anda tetap memiliki performa terbaiknya, berikan jeda sekitar satu sampai dua menit agar suhu panas pada turbocharger kembali stabil. Tujuannya, untuk melancarkan sirkulasi oli yang berfungsi untuk mendinginkan komponen tersebut.

Penggunaan Solar Berkualitas

Sering kali, pemilik mobil selalu kompromi soal harga yang ditawarkan untuk sebuah bahan bakar. Solar yang digunakan untuk mesin modern dan didukung dengan turbocharger, harus menggunakan bahan bakar yang berkualitas.

Jika Anda memaksakan menggunakan solar yang di bawah rekomendasi, bukan tidak mungkin ada beberapa komponen mesin mobil yang cepat rusak akibat klasifikasi yang diberikan jauh berbeda. Di samping itu, penggunaan solar yang tidak berkualitas juga akan memengaruhi performa mesin diesel Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.