Wisata  

7 Kuliner Lezat yang Bisa Anda Nikmati Saat Berwisata di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
7-Kuliner-Lezat-yang-Bisa-Anda-Nikmati-Saat-Berwisata-di-Sumenep
Ilustrasi (tribunnews.com)

PortalMadura.Com – Kabupaten Sumenep merupakan salah satu kabupaten yang ada di Pulau Madura. Sumenep memilki banyak sekali wisata kuliner yang bisa dinikmati jika Anda berkunjung atau pulang kampung ke Sumenep.

Kuliner ini bisa Anda nikmati bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Dilansir dari laman Okezone.com, Jumat (9/7/2021) berikut 10 kuliner yang bisa Anda nikmati saat berwisata di sumenep.

Pentol Gape

Pentol gape merupakan pentol khas Sumenep yang berbahan dasar ikan laut. Rasanya yang gurih dan aroma ikan yang kuat menjadikan pentol ini memiliki ciri khas yang beda dengan pentol pada umumnya. Selain itu, jika pada umumnya pentol berbentuk bulat, pentol gape ini justru bentuknya seperti di pipihkan membentuk kripik, namun tidak gurih. untuk menikmati pentol ini harus di geprek atau gape terlebih dahulu. Alat gape ini terbuat dari besi. Sehingga makanan ini bisa dijadikan jajanan khas yang dinikmati bersama keluarga.

Soto Sabrang

Sabrang adalah singkong yang menjadi salah satu bahan utama yang dipakai dalam makanan ini. Singkong ini dicampur dengan kuah soto yang memiliki cita rasa gurih. Sehingga Anda mendapatkan karbohidrat dari singkong ini. Ditambah dengan taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng lalu dicampurkan dengan bumbu kacang yang kental membuat soto ini semakin nikmat.

Kaldu kokot berbahan dasar tulang sapi yang ada daging dan sumsumnya. Kaldu ini terdiri dari bahan kacang hijau atau kedelai sehingga terasa lezat dan gurih.

Kalsot adalah kaldu campor soto. Kuliner terdiri dari kikil sapi, tulang sapi, dan kaldu sapi. Anda bisa menikmati makanan ini bersama keluarga dan menikmati saat hujan jauh lebih nikmat.

Rujak

Rujak di Madura dikenal dengan sebutan Rojek. Rujak di Sumenep memakai bumbu kacang yang di campur dengan petis ikan, pisang batu, cuka, garam, dan gula merah. Lalu bahan lain yang digunakan seperti lontong, timun dan irisan tahu. Bahkan juga ada sayur yang direbus dan keripik singkong.

Soto Campur

Soto ini merupakan soto yang dicampur dengan rujak dan kuahnya yang berbahan dasar santan membuat soto ini terasa gurih. Tambahan lontong, soun, irisan timun, dan bumbu kacang membuat Anda kenyang. Makanan ini juga cocok dinikmati saat pagi hari, apalagi dengan tambahan kerupuk gurih, maka rasanya akan semakin nikmat.

Makanan satu ini adalah makanan yang paling banyak peminatnya. Makanan ini seperti sup dengan memakai campuran keripik kentang di atasnya. Kuahnya berisi daging ayam, lidah sapi, wortel, kembang kol, kacang polong akan menghadirkan rasa yang beda dengan makanan lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.