3 Ciri Oli Motor Harus Segera Diganti

Avatar of PortalMadura.com
3 Ciri Oli Motor Harus Segera Diganti
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memerhatikan waktu penggantian oli penting dilakukan pemilik kendaraan bermotor. Sebagai bahan pelumas, keberadaan oli juga bisa menunjang performa yang baik bagi kendaraan.

Tidak hanya itu saja, oli juga bermanfaat untuk mendinginkan mesin. Nah seiring waktu pemakaian, oli akan menjadi kotor dan kehilangan sifat kimianya. Karena hal tersebut, biasanya setiap produsen sepeda motor selalu memberitahu pemilik kendaraan kapan harus mengganti oli.

Ada cara paling mudah untuk mengenali waktu mengganti oli adalah dengan melihat kilometer. Namun selain dari kilometer, ada beberapa tanda lain yang memberitahu Anda kapan harus mengganti oli motor.

Baca Juga: 6 Cara yang Benar Cek Oli Motor

Berikut ini tiga ciri Anda harus segera ganti oli motor, melansir dari Liputan6.com, Minggu (8/9/2019):

Suara

Tanda pertama yang bisa Anda kenali, yaitu perubahan pada suara motor. Hal ini dipengaruhi karena semakin sering motor digunakan, maka oli akan mengalami penurunan. Untuk itu, ketika kendaraan Anda mengeluarkan bunyi kasar saat mengoper gigi atau mesin digas, menjadi tanda Anda harus segera mengganti oli motor.

Indikator Oli

Setiap kendaraan memiliki indikator oli yang bertugas memberi atau menjaga sirkulasi pelumasan pada mesin. Jika oli sudah harus diganti, maka indikator akan memberikan sinyal atau tanda, yaitu minyak di indikator mulai sedikit.

Tekstur

Tanda terakhir yang perlu Anda ketahui adalah tentang tekstur oli. Umumnya, oli yang baru diganti berwarna kecokelatan atau masih biru. Namun, jika sudah kena sisa pembakaran, warna oli berubah menjadi hitam.

Selain warna, Anda juga dapat melihat kapan oli harus diganti dari tekstur yang berpasir. Caranya, Anda perlu membuka penutup oli mesin dan angkat stick atau pipet. Coba cek, apakah cairan oli halus atau terasa kasar. Jika saat dioleskan ke jari, oli terasa kasar atau ada partikel, berarti oli sudah terkontaminasi dan harus segera diganti.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Respon (1)

  1. good point min. 3 ciri itu emang harus diperhatiin. aku pribadi juga kadang dari feeling berkendaranya si. kalo udah gak enak, udah deh langsung ganti federal oil nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.